PERFORMA MESIN DIESEL DENGAN SISTEM VENTURI SCRUBBER - EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION

Simanjuntak, Harnatal and Syaiful, Dr. ST,MT (2011) PERFORMA MESIN DIESEL DENGAN SISTEM VENTURI SCRUBBER - EGR (EXHAUST GAS RECIRCULATION. Undergraduate thesis, Mechanical Engineering Departement, Faculty Engineering of Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
290Kb
[img]
Preview
PDF
1475Kb

Abstract

Mesin diesel dikenal sebagai jenis motor bakar yang mempunyai efisiensi tinggi. Penggunaan EGR pada mesin diesel digunakan untuk meningkatkan performa, menurunkan konsumsi bahan bakar. hal ini berarti berkurangnya penggunaan minyak bumi. EGR merupakan sirkulasi sebagian gas buang kembali masuk ke dalam silinder mesin. pada penelitian ini, gas buang yang disirkulasikan dan didinginkan dengan menggunakan venturi scrubber yang disebut dengan cold EGR. Dalam hal ini, gas buang sebelum masuk kembali ke ruang bakar, temperaturnya diturunkan menjadi temperatur 37 0C, 40 0C, 50 0C dan 60 0C. Pengujian ini dilakukan dengan beberapa variasi, yaitu variasi beban, rpm, % EGR dan temperatur. Dengan melakukan pengujian tersebut nantinya didapatkan performa mesin diesel dengan menggunakan cold EGR. Untuk daya, BMEP, dan tidak terlihat adanya peningkatan dan penurunan yang signifikan dengan adanya cold EGR. Yang mempengaruhi nilai tersebut adalah adalah peningkatan beban dan peningkatan rpm. Dengan menggunakan cold EGR, nilai konsumsi bahan bakar turun, efisiensi bahan bakar meningkat, dan efisiensi volumetrik turun dibandingkan tanpa menggunakan cold EGR. Kata kunci : Performa mesin diesel, Sistem venturi scrubber-EGR, Cold EGR

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:41629
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2014 14:18
Last Modified:23 Jan 2014 14:18

Repository Staff Only: item control page