KAJIAN KINERJA PDAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS KECAMATAN BREBES

Nurdin, Abdul Latif and Sriyana, Sriyana and SYAFRUDIN, SYAFRUDIN (2013) KAJIAN KINERJA PDAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS KECAMATAN BREBES. Masters thesis, Magister Teknik Sipil.

[img]
Preview
PDF
12Kb
[img]
Preview
PDF
43Kb
[img]
Preview
PDF
143Kb
[img]
Preview
PDF
54Kb
[img]
Preview
PDF
30Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

13Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

27Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

119Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

119Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

11Kb

Abstract

Air bersih sangat penting dalam kehidupan manusia, baik itu untuk keperluan sehari-hari ataupun keperluan lainnya. Dalam memenuhi kebutuhan akan air bersih tersebut, masyarakat mendapatkan dengan beberapa cara, antara lain dengan sistem perpipaan (PDAM), sistem non perpipaan (sumur) ataupun penggunaan kedua sistem secara bersamaan (PDAM & Sumur). Pada umumnya tingkat pelayanan air bersih oleh PDAM masih dalam tingkat pelayanan yang rendah, sehingga banyak menimbulkan ketidakpuasan pelanggan, kondisi ini termasuk di Kota Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap layanan PDAM Kabupaten Brebes dan Kinerja PDAM Kabupaten Brebes berdasarkan Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999 dan BPPSPAM Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2005. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer, data primer diperoleh dari kuesioner yang diisi pelanggan PDAM Kabupaten Brebes di Kelurahan Brebes, Gandasuli, Limbangan Kulon, Limbangan Wetan dan Pasarbatang. Data sekunder diperoleh dari data yang ada di PDAM Kabupaten Brebes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 500 orang. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji Hipotesis kepuasan pelanggan adalah analisis regresi berganda, sedangkan kinerja PDAM Kabupaten Brebes diukur dengan membandingkan standar kinerja yang telah dicapai PDAM Kabupaten Brebes dengan indikator kinerja Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999 dan BPPSPAM Direjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2005. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan terhadap layanan PDAM Kabupaten Brebes berada pada cukup memuaskan. Kinerja PDAM Kabupaten Brebes berdasarkan Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999 dalam kategori cukup,,sedangkan menurut indikator BPPSPAM Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum masuk kategori baik.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:kinerja, kepuasan pelanggan
Subjects:T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Civil Engineering
ID Code:41234
Deposited By:Mr s2sipil undip
Deposited On:15 Jan 2014 15:51
Last Modified:15 Jan 2014 15:51

Repository Staff Only: item control page