DESAIN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK DENGAN SISTEM IFAS (Integrated Fixed Film Activated Sludge) DI KOTA SURAKARTA BAGIAN TENGAH

Destrivadiyani P, Ervy (2010) DESAIN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK DENGAN SISTEM IFAS (Integrated Fixed Film Activated Sludge) DI KOTA SURAKARTA BAGIAN TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
74Kb

Abstract

Abstrak Kota Surakarta merupakan Kota dengan pemukiman yang cukup padat penduduknya. Akibat dari kepadatan penduduk yang cukup tinggi, dikhawatirkan akan terjadi pencemaran air tanah maupun badan air akibat pengelolaan limbah domestik yang belum dikelola dengan baik. Di Kota Surakarta terdapat 3 wilayah bagian yakni wilayah Utara, Selatan dan Tengah. Dimana untuk wilayah Utara pengelolaan limbah domestik telah dilayani oleh IPAL Mojosongo, sedangkan wilayah Selatan dilayani oleh IPAL Semanggi. Untuk mencapai sanitasi yang baik, khususnya Kota Surakarta Bagian Tengah dan seluruh wilayah Kota Surakarta pada umumnya, maka perlu adanya instalasi yang mengelola limbah domestik untuk Kota Surakarta Bagian Tengah. Bentuk pengelolaan yang ada di instalasi pengolahan air limbah domestik yaitu secara fisik dan biologi, pengolahan secara biologi juga bermacam – macam jenisnya dalam kondisi aerobik, anaerobik, dan kombinasi antara aerobik-anaerobik. Untuk mendapatkan kualitas effluent yang baik, maka memanfaatkan pengolahan biologi dengan sistem IFAS (integrated fixed film activated sludge), yaitu penggabungan antara suspended growth dan attach growth yakni memanfaatkan mikroorganisme yang ada di dalam air limbah dengan suplai oksigen dapat mengasimilasi zat – zat organik yang ada di dalam limbah yang kemudian membentuk lendir (biofilm) yang melekat pada media pelekat. Dengan upaya tersebut diharapkan dapat menciptakan lingkungan pemukiman yang sehat, estetis, nyaman, dan layak huni. Kata Kunci : Kota Surakarta Bagian Tengah, instalasi pengolahan air limbah domestik, sistem IFAS (Integrated Fixed Film Activated Sludge)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40946
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:06 Dec 2013 11:36
Last Modified:06 Dec 2013 11:36

Repository Staff Only: item control page