EFISIENSI TEKNOLOGI FITO-BIOFILM DALAM PENURUNAN KADAR NITROGEN DAN FOSFAT PADA LIMBAH DOMESTIK DENGAN AGEN FITOTREATMENT TERATAI (nymphaea, sp) DAN MEDIA BIOFILTER BIO-BALL (Studi Kasus Perumahan Graha Mukti, Tlogosari, Semarang)

Parwaningtyas, Erdina (2012) EFISIENSI TEKNOLOGI FITO-BIOFILM DALAM PENURUNAN KADAR NITROGEN DAN FOSFAT PADA LIMBAH DOMESTIK DENGAN AGEN FITOTREATMENT TERATAI (nymphaea, sp) DAN MEDIA BIOFILTER BIO-BALL (Studi Kasus Perumahan Graha Mukti, Tlogosari, Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
108Kb

Abstract

ABSTRAK Limbah cair domestik merupakan masalah lingkungan yang perlu ditangani secara serius mengingat semakin menurunnya daya dukung lingkungan untuk melakukan penjernihan kembali (self purification) terhadap beban pencemaran. Umumnya air limbah kegiatan rumah tangga (domestik) yang dibuang langsung menuju badan air seperti sungai dan danau, Padahal limbah cair domestik yang berasal dari aktifitas rumah tangga dapat merusak estetika bahkan mengganggu kesehatan masyarakat. Salah satu bahan pencemar yang terdapat di dalam limbah domestik ini adalah nitrogen dan fosfat. Keberadaan nitrogen dan fosfat yang berasal dari dalam konsentrasi tinggi di badan air dapat menyebabkan eutrofikasi. satu tindakan pemulihan yang dapat dilakukan yakni melalui teknologi fito-biofilm yakni dengan memanfaatkan penggunaan tumbuhan dan media biofilm sebagai filter biologis untuk menghilangkan dan menurunkan konsentrasi polutan. Salah satu agen fitobiofilm yang dapat dimanfaatkan adalah kombinasi antara tanaman teratai (Nymphaea sp) dan media bio-ball. Pada penelitian ini untuk mengolah limbah digunakan reaktor fito-biofilm yang terdiri dari 3 kompatemen dengan berat tanaman teratai pada kompatemen 1, 2, 3 masing-masing 200 gram dan jumlah media bioball 800, 500 dan 200 buah. Pengolahan dilakukan dengan sistem kontinyu pada variasi waktu tinggal 3,4,5,7,10 dan 24 jam. Hasil penelitian ini didapatkan efisiensi tertinggi penurunan kadar nitrogen ammonia sebesar 60,2% dan fosfat sebesar 52,38% pada waktu tinggal 24 jam. Keywords: Fito-biofilm, Teratai (Nymphaea Spp.), media bio-ball , Ammonia, fosfat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40945
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:06 Dec 2013 11:27
Last Modified:06 Dec 2013 11:27

Repository Staff Only: item control page