ANALISIS PENGARUH UMUR MESIN, PERIODE SERVIS DAN JARAK TEMPUH TERHADAP KONSENTRASI EMISI CO, NOX, HC DAN CO2 PADA SEPEDA MOTOR TIPE SPORT (STUDI KASUS : MOTOR YAMAHA VIXION)

Putri Lupita , Cyndia (2013) ANALISIS PENGARUH UMUR MESIN, PERIODE SERVIS DAN JARAK TEMPUH TERHADAP KONSENTRASI EMISI CO, NOX, HC DAN CO2 PADA SEPEDA MOTOR TIPE SPORT (STUDI KASUS : MOTOR YAMAHA VIXION). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
98Kb

Abstract

ABSTRAK Sumberpencemaranudaraterbesar berasaldarisektortransportasikhususnya kendaraanbermotor yaitu mencapai 60 – 70%, sedangkandarisektorindustriberkisar 10 – 15% dansisanyaberasaldarisumberpembakaran lain (Soedomo, 2001). Sepeda motor akan mengeluarkan emisi CO, HC, NOx dan CO2 yang menimbulkan dampaknegatifterhadap kesehatan manusiadanlingkungan di sekitarnya. Sepeda motor Yamaha Vixionadalah salah satu merksepeda motortipe sport berkapasitas 150 cc yang sekarang ini sedang menjadi primadona di kalangan anak muda. Penjualansepeda motor tipe sport Yamaha Vixion adalah yang tertinggi, dengan penjualan mencapai 23.432 unit (Vivanews, 2011). Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan emisi CO dan HC dipengaruhi oleh jarak tempuh, periode servis dan umur mesin sepeda motor tersebut. Semakin tua umur mesin dan semakin besar jarak tempuh sepeda motor maka emisi CO dan HC yang dihasilkan tinggi. Semakin rutin sepeda motor diservis maka emisi CO dan HC yang dihasilkan akan kecil. Emisi NOx dan CO2 tidak dipengaruhi oleh dipengaruhi oleh jarak tempuh, periode servis dan umur mesin sepeda motor tersebut. Kata Kunci : Pencemaran Udara, Yamaha Vixion, Umur Mesin, Periode Servis dan Jarak Tempuh

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40924
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Dec 2013 11:31
Last Modified:05 Dec 2013 11:31

Repository Staff Only: item control page