ANALISIS KONSENTRASI GAS CO DI DALAM DAN DI LUAR ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) (STUDI KASUS : ANGKUTAN KOTA DI PANGKALAN ANGKOT PASAR JOHAR, SEMARANG)

Fadhila, Cut Hashfi (2010) ANALISIS KONSENTRASI GAS CO DI DALAM DAN DI LUAR ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) (STUDI KASUS : ANGKUTAN KOTA DI PANGKALAN ANGKOT PASAR JOHAR, SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
88Kb

Abstract

ABSTRAK Angkutan kota atau angkot merupakan salah satu contoh alat transportasi massa (public transport) yang banyak digunakan di Indonesia. Pangkalan Angkot Pasar Johar dipilih sebagai lokasi penelitian dikarenakan pangkalan angkot ini merupakan pangkalan angkot yang paling ramai di Kota Semarang dibandingkan pangkalan angkot lainnya. Dikarenakan banyak orang yang menggunakan sarana transportasi angkot maka dapat mempengaruhi tingkat polusi udara di area Pangkalan angkot Pasar Johar, khususnya polusi oleh gas Karbon Monoksida (CO). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari jumlah kendaraan yang masuk dan keluar pangkalan angkot dan jumlah kendaraan yang parkir dengan mesin menyala (idle) terhadap konsentrasi CO di dalam dan di luar angkot pada jalur keluar dan jalur masuk, serta untuk mengetahui pengaruh dari ventilasi udara terhadap konsentrasi CO di dalam angkot pada jalur keluar dan jalur masuk. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh dari jumlah kendaraan yang masuk dan keluar serta jumlah kendaraan yang idle terhadap konsentrasi CO dengan nilai asymptot uji F dan uji t dari uji regresi sebesar 0,000. Penelitian ini menemukan adanya korelasi positif antara ventilasi udara dengan konsentrasi CO dengan koefisien korelasi sebesar 0,556 pada pengukuran di jalur keluar, dan 0,794 pada pengukuran di jalur masuk. Kata Kunci : Konsentrasi Carbon Monoksida (CO), Angkutan Kota (Angkot), Di Dalam Angkot, Di Luar Angkot.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40923
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:05 Dec 2013 11:24
Last Modified:05 Dec 2013 11:24

Repository Staff Only: item control page