Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor Pada Waktu Tertentu Terhadap Konsentrasi CO (Karbon Monoksida) Di Udara Ambien Jalan Majapahit, Semarang

Bagus Saputra, Ardhian (2010) Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor Pada Waktu Tertentu Terhadap Konsentrasi CO (Karbon Monoksida) Di Udara Ambien Jalan Majapahit, Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
12Kb

Abstract

ABSTRAK Karbon monoksida (CO) merupakan salah satu zat pencemaran udara yang dihasilkan terutama melalui pembakaran hidrokarbon yang tidak sempurna seperti pada kendaraan bermotor, pemanas ruangan dan proses industri. Karbon monoksida tidak berwarna, tidak berbau dan lebih ringan dibandingkan udara. Jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menimbulkan keprihatinan apabila tidak di dukung dengan upaya pengendalian emisi buangan dari kendaraan bermotor tersebut. Sektor lalu lintas merupakan penyumbang emisi CO terbesar ke lingkungan. Tingginya aktivitas seperti jam berangkat ke kantor dan ke sekolah di sepanjang jalan Majapahit tersebut menyebabkan masyarakat yang beraktivitas di sekitar jalan tersebut berpotensi untuk terpapar gas CO yang berasal dari kegiatan lalu lintas di jalan tersebut. konsentrasi gas CO cenderung memuncak pada waktu jam sibuk lalu lintas. Dengan demikian, perlu dilakukan suatu penelitian yang berupaya untuk mengidentifikasi perubahan arus lalu lintas atau volume kendaraan bermotor dan perubahan konsentrasi CO pada variasi waktu. Besarnya konsentrasi CO juga dipengaruhi oleh faktor meteorologi, seperti kecepatan angin, arah angin, kelembaban, dan temperatur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40885
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:05 Dec 2013 09:14
Last Modified:05 Dec 2013 09:14

Repository Staff Only: item control page