Pengomposan Sludge IPAL PT. Indofood CBP Variasi Sampah Domestik Dan Bawang Goreng Dengan Penambahan Bioaktivator Lumpur Aktif Dan EM4

Azka Hidayati, Aisyah (2010) Pengomposan Sludge IPAL PT. Indofood CBP Variasi Sampah Domestik Dan Bawang Goreng Dengan Penambahan Bioaktivator Lumpur Aktif Dan EM4. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF - Published Version
15Kb

Abstract

ABSTRAK Sludge yang dihasilkan dari proses pengolahan limbah cair PT. Indofood CBP merupakan sumber bahan yang potensial untuk memproduksi kompos. Penelitian ini menggunakan lumpur, limbah domestik, dan bawang goreng dengan variasi pencampuran 6: 1: 1, 5: 2: 1, 4: 1,5: 1. Penelitian dilakukan secara aerobik di dalam drum plastik (25 liter). Proses pengomposan dipercepat dengan penambahan bioaktivator EM4 dan lumpur aktif. Hasil kompos matang menunjukkan bahwa variasi dengan komposisi 6 : 1 : 1 lebih optimal dibandingkan variasi yang lain. Rasio C/N kompos matang semua variasi telah memenuhi SNI 19-7030-2004,kecuali kontrol bawang goreng dan sampah domestik belum memenuhi standar tersebut. Kompos dengan aktivator EM4 mempunyai penyusutan rata – rata yang lebih besar yaitu 59,44% dibandingkan kompos dengan akivator lumpur aktif yaitu 53,33%. Kata kunci : lumpur IPAL, sampah domestik, limbah bawang goreng, kompos, rasio C/N.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:40850
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Dec 2013 09:21
Last Modified:05 Dec 2013 09:21

Repository Staff Only: item control page