PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOGRAFIS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MELAKUKAN REGISTRASI AKADEMIK (Studi pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Terdaftar dan Aktif Tahun Akademik 2010/2011)

Primadhany, Kartana Putri (2012) PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOGRAFIS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MELAKUKAN REGISTRASI AKADEMIK (Studi pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Terdaftar dan Aktif Tahun Akademik 2010/2011). Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
104Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
487Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
96Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
352Kb

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan mahasiswa melakukan registrasi akademik. Fakta yang ada menunjukkan bahwa ketika mahasiswa akan melakukan registrasi akademik berkelanjutan pada PTS yang dipilihnya, mahasiswa juga mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan (sosial dan psikografis) yang mempengaruhi keputusannya tersebut. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metoda positivistik dalam kerangka teori pembelajaran kognisi dan pengolahan informasi dari Hawskin, Best dan Motherbaugh dan teori atribusi dari Firtz Heider. Jumlah sampel adalah 95 responden, dan teknik pengambilan sampel dengan metode propotional random sampling. Metode pengambilan data adalah dengan penyebaran angket. Analisis yang digunakan adalah deskriptif faktor untuk mendeskripsikan jumlah rata-rata setiap faktor dan regresi untuk anilisis hipotesis, dimana faktor sosial dan psikografis sebagai variabel independen dan keputusan mahasiswa melakukan registrasi akademik sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata penyataan pada indikator faktor sosial dinyatakan setuju dengan nilai rata-rata tertinggi pada indikator kelompok referensi sebesar 41,47 pada interval 61-80%, kecuali indikator keluarga dinyatakan kurang setuju sebesar 40,42 pada interval 41-60%. Indikator psikografis dinyatakan setuju dengan nilai rata-rata tertinggi pada indikator minat sebesar 34,58 pada interval 61-80%. Analisis regresi (uji t) menunjukkan bahwa secara parsial faktor psikografis merupakan variabel yang lebih berpengaruh terhadap keputusan mahasiwa melakukan registrasi dengan nilai thitung (5,380) > ttabel (1,985) dan nilai R2= 22,9% diikuti oleh faktor sosial dengan nilai thitung (2,821) > ttabel (1,985) dan nilai R2= 6,9%. Analisis regresi (uji f) menunjukkan bahwa secara simultan faktor sosial dan psikografis berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa melakukan registrasi dengan nilai fhitung (13,659) > ftabel (3,094) dan nilai R2= 22,6%. Kata kunci:, pembelajaran kognisi, pengolahan informasi, atribusi, faktor sosial, faktor psikografis dan keputusan mahasiswa ABSTRACTION The present study is to examine the impact of social and psychographic factors on student’s decision in registering academic. The type of study is quantitative descriptive with using positivistic in frame of cognitive learning and information processing theories from Hawskin, Best and Motherbaugh and attribution theory from Fritz Heider. Descriptive factor is used to describe mean score of each factor, and regression is used to analyze hypothesis, which is social and psychographic factors are independent variable and student’s academic registration decision is dependent variable. The samples are 95 students of Udinus T.A 2010/2011. The propotional random sampling method is used to collect the samples. Finding the research show that the reference group is the indicator of social factor which is stated agree by the students with the highest mean score is 41,47 in 61-80% interval. Family indicator is stated less agree is 40,42 in 41-60% interval. Interest is the indicator of psychographic factor which is stated agree by the students with the highest mean score is 34,58 in 61-80% interval. Regression analysis (T-test) shows partially social and psychographic factors has significant influence on student’s decision in registering academic with ttotal (5,380) > ttable (1,985) and R2 = 22,9% followed by social factor with ttotal (2,821) > ttable (1,985) and R2 = 6,9%. Regression analysis (F-test) shows social and psychographic simulation have significant influence on student’s decision in registering academic with ftotal (13,659) > ftable (3,094) and R2= 22,6% Key words: cognitive learning, information process, attribution, social factor, psychographic factor and student’s decision

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:40756
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Nov 2013 19:23
Last Modified:18 Dec 2015 17:31

Repository Staff Only: item control page