HUBUNGAN UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA CIREBON

Hermawan, Surya Agung and Haryadi, Bambang and Kushardjoko, Wahyudi , (2013) HUBUNGAN UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA CIREBON. Masters thesis, Civil Engineering Master Program.

[img]
Preview
PDF
143Kb
[img]
Preview
PDF
253Kb
[img]
Preview
PDF
107Kb
[img]
Preview
PDF
123Kb

Abstract

Pertambahan jumlah kendaraan bermotor dan peningkatan angka kecelakaan merupakan permasalahan yang perlu dilakukan suatu penelitian. Selain itu pengkajian terhadap tingkat hubungan antara uji berkala kendaraan dengan kecelakaan lalu lintas perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kejadian dan mengendalikan tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan tingkat hubungan antara faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dengan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan bermotor wajib uji di Kota Cirebon terutama faktor kondisi teknis dan laik jalan kendaraan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian berdasarkan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antara uji berkala kendaraan bermotor dengan kecelakaan lalu lintas di Kota Cirebon (deskriptif korelasi). Kecelakaan lalu lintas di Kota Cirebon selama tahun 2008-2012 terdapat sebanyak 487 kejadian yang disebabkan oleh 111 kendaraan bermotor wajib uji dan 376 kendaraan bermotor tidak wajib uji. Karakteristik kecelakaan setiap tahun cenderung mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah kendaraan bermotor. Prosentase faktor kondisi teknis dan laik jalan kendaraan bermotor sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas pada kendaraan bermotor wajib uji (22,52%) lebih tinggi daripada kendaraan bermotor tidak wajib uji (20,74%). Prosentase kendaraan bermotor wajib uji yang tidak melakukan uji berkala (31,64%) cukup tinggi dan hampir setengah dari prosentase kendaraan bermotor wajib uji yang diuji berkala (68,36%). Hal tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor sebagai salah satu bentuk pengawasan terhadap keamanan dan keselamatan transportasi jalan secara teknis terhadap pengoperasian sarana angkutan penumpang umum dan angkutan barang di jalan relatif belum dilaksanakan secara maksimal, baik melalui sosialisasi terhadap pemilik dan pengemudi kendaraaan bermotor maupun upaya yang berkaitan dengan transportasi jalan yang berkeselamatan. Tingkat hubungan antara faktor kondisi teknis dan laik jalan kendaraan bermotor sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas dengan kecelakaan lalu lintas pada kendaraan bermotor wajib uji sebesar 2,583 kali daripada kendaraan bermotor tidak wajib uji sehingga menunjukkan bahwa kinerja sistem uji berkala kendaraan bermotor relatif belum dilakukan secara efektif dalam upaya mengurangi kejadian kecelakaan lalu lintas dan mengendalikan tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Cirebon.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Uji Berkala Kendaraan Bermotor, Kecelakaan Lalu Lintas, Faktor Kondisi Teknis dan Laik Jalan Kendaraan Bermotor.
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering
ID Code:40389
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Oct 2013 09:29
Last Modified:25 Oct 2013 09:29

Repository Staff Only: item control page