Ni’amah, Durratun and Sugito, Sugito (2011) SISTEM ANTRIAN DENGAN PRIORITAS PELAYANAN. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro 2011 . pp. 292-304. ISSN ISBN:978-979-097-142-4
| PDF 297Kb |
Abstract
Dalam model-model antrian, disiplin antrian yang paling sering digunakan adalah First Come First Serve, yaitu pelanggan yang datang lebih dahulu akan dilayani terlebih dahulu. Akan tetapi dalam banyak keadaan, tidak hanya disiplin antrian tersebut yang digunakan. Ada banyak disiplin antrian lain, misalnya antrian dengan prioritas pelayanan. Antrian dengan disiplin antrian prioritas merupakan suatu disiplin antrian yang menunjukkan suatu pelayanan akan didahulukan kepada pelanggan dengan prioritas utama, yaitu pelanggan dengan prioritas paling kecil. Dengan menganggap bahwa terdapat m tipe pelanggan, maka pelanggan tipe 1 adalah pelanggan dengan prioritas paling tinggi sedangkan pelanggan tipe m merupakan prioritas terendah. Dalam sistem antrian dengan prioritas pelayanan, terdapat dua aturan yang dapat digunakan yaitu aturan preemptive dan nonpreemptive. Aturan preemptive tidak menguraikan sistem antriannya secara mendalam, sedangkan aturan nonpreemptive dibagi menjadi dua yaitu sistem dengan pelayanan tunggal dan multichannel. Penulisan model antrian sistem pelayanan tunggal yang disimbolkan (Mi/Mi/1):(NPD/∞/∞) dan pelayanan multichannel yang disimbolkan (Mi/M/c):(NPD/∞/∞) bertujuan untuk menentukan probabilitas steady state dan ukuran kerja sistem model antrian dengan prioritas pelayanan serta menganalisis ukuran kinerja sistem model antrian dengan prioritas pelayanan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Antrian, Prioritas, Pelayanan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics |
ID Code: | 39380 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 22 May 2013 09:24 |
Last Modified: | 22 May 2013 09:24 |
Repository Staff Only: item control page