PENGARUH ASPEK PELAKSANAAN KONSTRUKSI TERHADAP KINERJA BIAYA DAN WAKTU PROYEK (STUDI KASUS DI DINAS CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROVINSI JAWA-TENGAH

HARTONO, HARTONO and Pudjianto, Bambang and Yulipriyono, Eko (2011) PENGARUH ASPEK PELAKSANAAN KONSTRUKSI TERHADAP KINERJA BIAYA DAN WAKTU PROYEK (STUDI KASUS DI DINAS CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROVINSI JAWA-TENGAH. Masters thesis, magister teknik sipil.

[img]
Preview
PDF
69Kb
[img]
Preview
PDF
397Kb

Abstract

Pada proses pelaksanaan suatu proyek konstruksi pembangunan gedung, mulai dari ide sampai dengan selesainya suatu proyek, akan selalu dipengaruhi oleh kegiatan sebelumnya, yaitu mulai dari ide dan perencanaan yang telah direncanakan, sebagai pedoman pelaksanaannya. proses pelaksanaan tersebut, akan selalu terkait dengan biaya, waktu dan kualitas dari konstruksi itu sendiri. Untuk itu kiranya perlu diadakannya penelitian untuk masalah kinerja biaya, dan waktu pelaksanaan suatu proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan proyek konstruksi terhadap kinerja biaya proyek, dan kinerja waktu proyek. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi penyedia jasa, dan pihak-pihak lain yang terkait langsung dengan pengelola proyek, sehingga kinerja proyek-proyek dibawah Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Propinsi Jawa Tengah dan ditingkatkan dikemudian hari. Penelitian ini menggunakan data-data proyek yang telah dilaksanakan dengan cara memberikan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner tersebut diberikan kepada responden, yaitu kepada pelaksana teknis pada Bidang Tata Bangunan dan Lingkungan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Propinsi Jawa Tengah. Program SPSS 16 digunakan untuk menganalisa data dengan regresi metode Backward. Dari analisis data diperoleh (1). Kesesuaian analisa harga satuan pekerjaan utama, percepatan waktu penyelesaian pekerjaan, dan kinerja pelaksanaan prakualifikasi, akan meningkatakan kinerja biaya. (2). Peningkatan jumlah dan kondisi alat yang digunakan untuk pekerjaan utama, metode pelaksanaan kerja, dan gambar pelaksanaan, akan meningkatkan kinerja waktu. Sehingga dapat disimpulkan kinerja biaya dipengaruhi oleh kinerja waktu yang bergantung pada jumlah dan kondisi alat yang digunakan untuk pekerjaan utama, metode pelaksanaan kerja, gambar pelaksanaan serta analisa harga satuan pekerjaan utama, dan juga pelaksanaan prakualifikasi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TH Building construction
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering
ID Code:38835
Deposited By:Mr s2sipil undip
Deposited On:19 Mar 2013 13:49
Last Modified:19 Mar 2013 13:49

Repository Staff Only: item control page