PENGARUH TABU MAKANAN , TINGKAT KECUKUPAN GIZI, KONSUMSI TABLET BESI DAN TEH TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL DI KOTA PEKALONGAN TAHUN 2006

Sri Harnany, Afiyah and Fatimah Muis, Siti and Suyatno, Suyatno (2007) PENGARUH TABU MAKANAN , TINGKAT KECUKUPAN GIZI, KONSUMSI TABLET BESI DAN TEH TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL DI KOTA PEKALONGAN TAHUN 2006. Masters thesis, Master of Nutrition.

[img]
Preview
PDF
76Kb

Abstract

Latar Belakang: Satu dari ibu hamil di Pekaongan menderita anemia. Anemia dalam kehamilan akan memberikan pengaruh kurang baik bagi ibu dan bayinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, 83% ibu hamil di Pekalongan masih melaksanakan tabu makanan selama kehamilannya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tabu makanan, dan beberapa faktor lain, yakni tingkat kecukupan konsumsi zat gizi, konsumsi tablet besi, kebiasaan minum teh tehterhadap kadar Hb pada ibu hamil di Kota Pekalongan. Metoda: Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan rancangan cross sectional, yang didahului dengan studi kualitatif. Sampel adalah ibu hamil dengan usia kehamilan trimester III, sebanyak 79 orang, diambil dengan cara porpotional randum Sampling. Kadar hemoglobin diperiksa dengan metoda cyanmet, tingkat kecukupan gizi, konsumsi tablet besi, dan teh yang diperoleh dengan wawancara langsung selama 3 hari. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi ganda. Hasil: Lebih dari separuh responden melaksanakan tabu. Makanan yang dipantang adalah cumi (55,7%), udang (54,4%), ikan sembilan (51,9%), lele (49,4%), semua jenis ikan laut (11,4%), telur (24,1%), daging kambing (17,7%), nanas (29,1%), durian (32,9%), jantung (30,4%), terong (34,2%), dan gula jawa (1,3%). Lebih separuh (70,9%) responden tingkat kecukupan besi, dan vitamin C (65,8%) tergolong defisit, tingkat kecukupan protein yang tergolong kurang (26,6%), dan yang tergolong defisit (21,5%). Sebagaian besar responden (77%) minum teh satu kali tiap hari, lebih separuh (63,3%) konsumsi tablet besi kurang dari yang dianjurkan, dan lebih separuh responden (51,9%) menderita anemia. Nilaai R Square sebesar 0,599 menujukkan bahwa variabel-variabel yang diteliti merupakan varian yang berkontribusi terhadap kadar Hb. Kontribusi tertinggi oleh tabu makanan (p = 0,001). Simpulan Saran: Tabu sangat berkontribusi terhadap kadar Hb ibu hamil. Perlu disusun penyuluhan untuk menurunkan kebiasaan tabu yang bersifat merugikan. Kata Kunci: Tabu makanan, tablet besi,frekuensi minum teh, anemia ibu hamil.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:38718
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Mar 2013 12:22
Last Modified:04 Mar 2013 12:22

Repository Staff Only: item control page