HUBUNGAN PENGETAHUAN HIGIENE SANITASI PENGOLAHAN MAKANAN DAN TINGKAT KONSUMSI GIZI DENGAN STATUS GIZI SANTRI PUTRI (STUDI DI YAYASAN NURUL HUDA AZZUHDI METESEH KOTA SEMARANG 2011)

ROBARWARTO, INTAN ANTARTIKA TROPIKASARI (2012) HUBUNGAN PENGETAHUAN HIGIENE SANITASI PENGOLAHAN MAKANAN DAN TINGKAT KONSUMSI GIZI DENGAN STATUS GIZI SANTRI PUTRI (STUDI DI YAYASAN NURUL HUDA AZZUHDI METESEH KOTA SEMARANG 2011). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Status gizi merupakan kondisi kesehatan seseorang yang dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya pengetahuan dan tingkat konsumsi gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan higiene sanitasi pengolahan makanan dan tingkat konsumsi energi dan protein dengan status gizi santri putri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 80 santri putri di Pondok Pesantren Yayasan Nurul Huda Azzuhdi Meteseh Semarang, kemudian sampel diambil sebanyak 42 responden menggunakan metode purposive sampling. Pengetahuan responden mengenai higiene dan sanitasi makanan, TKE, TKP dalam kategori kurang dan status gizi santri berdasarkan pengukuran IMT/U dalam kategori normal. Analisa data menggunakan Pearsom Correlation dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan higiene sanitasi makanan, tingkat konsumsi energi (TKE) dan tingkat konsumsi protein (TKP) dengan status gizi (p), sehingga dari hasil penelitian ini diperlukan tindakan berupa penyuluhan mengenai higiene sanitasi makanan dan perbaikan tingkat konsumsi energi dan protein di pesantren. Kata Kunci: pengetahuan higiene sanitasi pengolahan makanan, konsumsi gizi, status gizi, santri putri. Kepustakaan: 71, 1986-2010

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38631
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Feb 2013 11:23
Last Modified:25 Feb 2013 11:23

Repository Staff Only: item control page