PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MASSA, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI HARAPAN HIDUP PADA PENDERITA KANKER

Ita, Wibowo (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MASSA, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI HARAPAN HIDUP PADA PENDERITA KANKER. Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF
122Kb
[img]
Preview
PDF
174Kb
[img]
Preview
PDF
126Kb
[img]
Preview
PDF
383Kb

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Penggunaan Media Massa, Komunikasi Interpersonal, dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Harapan Hidup pada Penderita Kanker Saat ini orang sudah cukup akrab dengan media massa, segala informasi tersedia dalam media massa. Sebagai makhluk sosial, manusia juga melakukan komunikasi satu dengan lainnya dan saling memberikan dukungan secara sosial. Penderita kanker membutuhkan sesuatu yang dapat membangun motivasi harapan hidupnya. Salah satu cara adalah dengan memberi informasi yang berguna, melalui media massa, komunikasi interpersonal, dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketiganya terhadap motivasi harapan hidupnya. Tipe penelitian adalah eksplanatif, untuk menjelaskan hubungan sebab akibat yang terjadi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hipotesis dalam penelitian ini, terdapat pengaruh positif antara penggunaan media massa, komunikasi interpersonal, dan dukungan sosial terhadap motivasi harapan hidup penderita kanker. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan semata-mata atas dasar kesediaan dan ketersediaan sampel, untuk mempermudah penelitian. Dengan jumlah 39 responden penderita kanker berdasar hasil pemeriksaan laboratorium patologi anatomi RS.Telogorejo Semarang. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi massa dari McQuail, komunikasi interpersonal dari Joseph A.DeVito, dan dukungan sosial dari Sheridan & Radmacher serta motivasi dari Gerungan. Hasil yang diperoleh berdasar perhitungan uji statistik untuk menguji hipotesis dan menguji signifikansi dalam penelitian ini adalah menggunakan Korelasi Pearson Product Moment dan Analisis Regresi. Uji statistik korelasi Pearson Product Moment digunakan untuk mengetahui arah korelasi tiga variabel penelitian. Sedangkan Analisis regresi digunakan untuk mengetahui arah korelasi empat variabel penelitian. Pada intinya baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama tidak terdapat pengaruh antara penggunaan media massa, komunikasi interpersonal, dan dukungan sosial terhadap motivasi harapan hidup penderita kanker. Dari hasil pengujian statistik menggunakan Analisis Regresi tiga prediktor (penggunaan media massa, komunikasi interpersonal dan dukungan sosial) terhadap satu kriterion yaitu motivasi harapan hidup diperoleh hasil p>0,05 R = 0,239). Sehingga untuk penelitian ini, hipotesis mayor maupun hipotesis minor ditolak. Kata kunci : media massa; komunikasi interpersonal; motivasi penderita kanker ABSTRACT The Influence of Using Mass Media, Interpersonal Communication, and Social Support on Life Expectancy Motivation of Cancer Sufferers Nowadays the people are already familiar to mass media, in which all the information is available. Humans, as social living creatures are communicating and supporting one to another. Cancer sufferers need something that could build motivation to increase their life expectancy. One of the ways is to give useful information through mass media, interpersonal communication, and social support. This research aims to find the influence of all the above mentioned three factors on motivation to increase their life expectancy. The type or research is explanative to describe the causal relation that occurs, using quantitative approach. Hypothesis in this research is stating that there will be positive correlation between the uses of mass media, interpersonal communication, and social support towards the motivation to increase life expectancy of cancer sufferers. Sampling technique used in this research is accidental sampling, based on the availability of samples to ease the implementation of the research. 39 cancer sufferers observed by anatomy patology laboratory of RS.Telogorejo Semarang, are used as respondent for this research. The theories applied for this research are : mass communication theory by Denis McQuail, interpersonal communication theory by Joseph A.DeVito, social support by Sheridan & Radmacher, and motivation by Gerungan. The results derived from the statistical tests to examine the hypothesis dan significancy in this research are using Product Moment Correlation by Pearson and Regression Analysis. Product Moment Correlation by Pearson is used ti find the direction of correlation of three research independent variables. The Regression Analysis is used to find the direction of correlation between the three independent variables and the motivation as the dependent variable. Either individually or grouply there will not be influence of the uses of mass media, interpersonal communication, and social support on motivation to increase the life expectancy of cancer sufferers. From the statistical test result based on the Regression Analysis of three predictors ( uses mass media, interpersonal communication, and social support ) towards one criteria of life expectancy motivation, it is obtained p > 0,05 r = 0,239. The conclusion of this research shows that either mayor or minor hypothesis is rejected. Keynote : mass media; interpersonal communication; the motivation of cancer sufferers

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:38416
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2013 19:01
Last Modified:16 Dec 2015 16:34

Repository Staff Only: item control page