Hubungan Antara Tingkat Kebutuhan Konsumsi Informasi dan Kualitas Isi Media Dengan Loyalitas Pembaca (Studi Pada Harian Meteor Terkait Perubahan Dari Koran Kuning ke Koran Umum)

Aning Karindra, Ariyanti (2010) Hubungan Antara Tingkat Kebutuhan Konsumsi Informasi dan Kualitas Isi Media Dengan Loyalitas Pembaca (Studi Pada Harian Meteor Terkait Perubahan Dari Koran Kuning ke Koran Umum). Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF
120Kb
[img]
Preview
PDF
249Kb
[img]
Preview
PDF
155Kb
[img]
Preview
PDF
270Kb

Abstract

Hubungan Antara Tingkat Kebutuhan Konsumsi Informasi dan Kualitas Isi Media Dengan Loyalitas Pembaca (Studi Pada Harian Meteor Terkait Perubahan Dari Koran Kuning ke Koran Umum) ABSTRAKSI Menurunnya loyalitas pembaca Harian Meteor seiring perubahan konsep dari koran putih ke koran umum yang diindikasikan adanya penurunan oplah menjadi latar belakang penelitian ini. Masalah yang muncul : Bagaimana hubungan antara tingkat kebutuhan konsumsi informasi dengan loyalitas pembaca? Bagaimana hubungan antara kualitas isi media dengan loyalitas pembaca? Bagaimana hubungan antara tingkat kebutuhan konsumsi informasi dan kualitas isi media dengan loyalitas pembaca Harian Meteor di Kota Semarang? Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat kebutuhan konsumsi informasi dengan loyalitas pembaca; untuk mengetahui hubungan antara kualitas isi media dengan loyalitas pembaca; serta untuk mengetahui hubungan antara tingkat kebutuhan konsumsi informasi dan kualitas isi media dengan loyalitas pembaca Harian Meteor di Kota Semarang. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan teori Uses and Gratification sebagai salah satu teori komunikasi, dalam paradigma klasik positivisme, dengan menggunakan metode eksplanatori. Objek penelitian adalah seluruh pembaca Harian Meteor di Kota Semarang yang berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki kebutuhan konsumsi informasi tergolong dalam kategori rendah. Tingkat kebutuhan konsumsi informasi berhubungan positif dengan loyalitas pembaca pada Harian Meteor. Sebagian besar responden juga menilai kualitas isi media Harian Meteor tergolong dalam kategori baik. Kualitas isi media berhubungan positif dengan loyalitas pembaca pada Harian Meteor. Sedangkan tingkat kebutuhan konsumsi informasi dan kualitas isi media berhubungan positif dengan loyalitas pembaca pada Harian Meteor. Kondisi ini menandakan bahwa tingkat kebutuhan konsumsi informasi dan kualitas isi media merupakan dua faktor yang diperhatikan oleh pembaca dalam membentuk loyalitasnya terhadap Harian Meteor. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan bagi Harian Meteor untuk selalu memperhatikan perilaku dan perubahan karakteristik pembacanya, sehingga mudah mengikuti apa yang menjadi keinginan pembaca, terutama dalam memenuhi kebutuhan konsumsi informasi pembaca dan menjaga kualitas isi media. KATA KUNCI : Kebutuhan Konsumsi Informasi, Kualitas Isi Media, dan Loyalitas Pembaca. ABSTRACT Declining reader loyalty Meteor Daily Newspaper as a conceptual change from white to a public newspaper circulation figures indicated a decrease in the background of this research. Problems that arise : How the relationship between the level of information consumption needs with a loyalty to the reader? How is the relationship between the quality of media content with the loyalty of readers? How is the relationship between the level of consumption needs and quality of media content information with the loyalty of readers of Meteor daily Newspapers in Semarang? The aim of research to find out the relationship between the level of information consumption needs with loyalty readers; to know the relationship between the quality of media content with reader loyalty, as well as to know the relationship between the level of consumption needs and quality of media content information with the loyalty of readers of Meteor Daily Newspapers in Semarang. Efforts to answer the problems and goals of the research carried out by using the Uses and Gratification theory as one of communication theory, the classical paradigm of positivism, using explanatory. The research object is the entire audience Meteor Daily Newspaper in Semarang totaling 100 respondents. Results showed that most respondents have considered the information consumption needs in the low category. Level of consumption is positively related information with the loyalty of readers at the Meteor Daily Newspaper. Most respondents also rated the quality of media content Meteor Daily Newspaper falls within either category. The quality of media content are positively related to loyalty to the reader to the Daily Meteor. While the level of information consumption needs and quality of media content are positively related to loyalty to the reader to the Meteor Daily Newspaper. This condition indicates that the level of information consumption needs and quality of media content are the two factors noted by the reader in forming his loyalty to the Meteor Daily Newspaper. Based on these studies for the Meteor Daily Newspaper recommended to always pay attention to behavior and changes in the characteristics of readers, making it easy to follow what readers desire, especially in the information consumption needs of readers and maintain the quality of media content. KEYWORDS: Consumption Needs Information, Media Content Quality, and Loyalty Readers.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:38387
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Feb 2013 19:44
Last Modified:16 Dec 2015 16:20

Repository Staff Only: item control page