HUBUNGAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN TINGKAT MOTIVASI KARYAWAN DALAM MEMATUHI PERATURAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT.X Semarang)

PAMUNGKAS, DINI AGE (2012) HUBUNGAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN TINGKAT MOTIVASI KARYAWAN DALAM MEMATUHI PERATURAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT.X Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Updated Version
7Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Motivasi karyawan adalah kesediaan untuk melaksanakan upaya tinggi, untuk mencapai tujuan-tujuan keorganisasian, yang dikondisi oleh kemampuan upaya demikian, untuk memenuhi kebutuhan individual tertentu. Dalam melaksanakan tugasnya tenaga kerja memerlukan adanya imbalan atau kompensasi atas kerja yang mereka lakukan sebagai salah satu bentuk motivasi yang diberikan terhadap hasil kerjanya. PT X merupakan perusahaan formulasi pestisida. Laporan tahunan menyebutkan bahwa unsafe finding yang ditemukan oleh observer perusahaan mengalami peningkatan dari tahun 2011. Padahal perusahaan telah menerapkan pemberian reward terhadap karyawan yang berkontribusi terhadap K3 dan memberikan punishment kepada karyawan yang tidak mematuhi peraturan K3 saat bekerja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara reward dan punishment (preventive dan repressive) dengan tingkat motivasi karyawan dalam mematuhi peraturan K3. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan metode survei pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 53 orang diambil dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian dengan analisis kendall’s tau menunjukan bahwa 67,9% responden perempuan. Rata-rata responden berumur 32 tahun. Pendidikan terakhir responden mulai dari SD sampai SMA, masa kerja responden paling sedikit 1 tahun dan paling lama 18 tahun. Hasil uji menyatakan bahwa reward tidak memiliki hubungan dengan tingkat motivasi dalam mematuhi peraturan K3 (p-value 0,247), sedangkan punishment preventive (p-value 0,001) dan punishment repressive (p-value 0,026) memiliki hubungan dengan tingkat motivasi dalam mematuhi peraturan K3. Jika reward dan punishment dijalankan bersamaan maka hasil p-valuenya 0,001, sehingga terdapat hubungan antara reward dan punishment dengan tingkat motivasi dalam mematuhi peraturan K3. Kata Kunci: Reward dan punishment, motivasi kerja, peraturan K3

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38037
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Jan 2013 09:53
Last Modified:23 Jan 2013 09:53

Repository Staff Only: item control page