ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009

FATMAWATI, Fatmawati (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
49Kb
[img]Microsoft Word
Restricted to Registered users only

35Kb
[img]Microsoft Word
Restricted to Registered users only

62Kb
[img]Microsoft Word
Restricted to Registered users only

143Kb
[img]Microsoft Word
Restricted to Registered users only

193Kb
[img]Microsoft Word
Restricted to Registered users only

22Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Size, ROA, Current Ratio, dan Sales Growth terhadap Debt to Equity Ratio (DER) pada industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel Size, ROA, Current Ratio, dan Sales Growth terhadap Debt to Equity Ratio (DER) pada industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2009. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 37 perusahaan industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2009. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria : (1) perusahaan food and beverages, tobacco, pharmaceuticals dan consumer goods yang terdaftar di BEI yang eksis selama periode penelitian yaitu dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2009, dan (2) perusahaan food and beverages, tobacco, pharmaceuticals dan consumer goods yang terdaftar di BEI yang menyampaikan datanya secara lengkap sesuai dengan informasi yang diperlukan. Data diperoleh dari publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2009). Diperoleh jumlah sampel sebanyak 23 perusahaan, yang termasuk dalam perusahaan food and beverages, tobacco, pharmaceuticals dan consumer goods. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Size berpengaruh signifikan positif terhadap DER. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa ROA dan Current Ratio berpengaruh signifikan negatif terhadap DER. Variabel lain dalam penelitian ini yaitu Sales Growth tidak berpengaruh signifikan terhadap DER. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar dan signifikan terhadap Debt to Equity Ratio (DER) adalah variabel Size dengan nilai koefisien sebesar 0,269; Current Ratio dengan nilai koefisien sebesar -0,627; kemudian variabel ROA dengan nilai koefisien sebesar -0,185. Hasil temuan ini menunjukkan hal-hal yang perlu diperhatikan, baik oleh pihak manajemen perusahaan dalam pengelolaan perusahaan, maupun oleh para investor dalam menentukan strategi investasi dari sisi kebijakan Debt to Equity Ratio (DER) adalah Size, Current Ratio dan ROA.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36638
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:01 Nov 2012 08:45
Last Modified:01 Nov 2012 08:45

Repository Staff Only: item control page