PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA DI SMUN 1 PATI

Pratiwi, Emy Satya (2008) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA DI SMUN 1 PATI. Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Perpustakaan .

[img]Microsoft Word
79Kb
[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
12Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/ilpus

Abstract

Setiap anak didik mempunyai minat dan kebutuhan sendiri-sendiri. Anak di kota berbeda minat dan kebutuhannya dengan anak di desa; di daerah pantai berbeda dengan di pegunungan; anak yang akan bersekolah sampai perguruan tinggi berbeda dengan anak yang akan bekerja setelah tamat SLTA. Sesuatu yang menarik minat dan kebutuhan akan menarik perhatian anak, dengan demikian mereka akan sungguh-sungguh dalam belajar. (Syaiful, 2002: 18) Membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Orang tua kerap mengalami kesulitan untuk mengetahui minat baca anak yang sebenarnya. Hal itu sangat wajar terjadi mengingat usia anak yang masih muda, sehingga potensi tersebut jarang terlihat secara menonjol. Sedangkan Hurlock (1990: 114) mengungkapkan bahwa minat merupakan sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih. Pengenalan minat baca sejak usia dini merupakan langkah awal pengenalan minat baca. Agar anak usia dini dikenalkan pada aktivitas yang relevan dengan usianya. Nunnally (1997: 65) menjabarkan minat sebagai suatu ungkapan kecenderungan tentang kegiatan yang sering dilakukan setiap hari, sehingga kegiatan itu disukainya Perpustakaan sekolah memiliki peran penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Dengan demikian perpustakaan sekolah merupakan suatu unit kerja dari sebuah lembaga persekolahan yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka penunjang proses pendidikan yang diatur secara sistematis. Orang tua harus mencoba dengan berbagai rangsangan kegiatan untuk benar-benar meyakinkan, apa yang menjadi bakat dan minat anaknya. Tentu saja kegiatan-kegiatan tersebut harus direncanakan dengan rapi dan tidak terburu-buru. Orang tua harus mempertimbangkan kondisi anak, kesiapannya secara lahir dan batin. Kasus sekar dalam ilustrasi di atas, menunjukkan bahwa anak justru tertekan dengan kegiatan yang terlalu dipaksakan orang tua. Perlu pula hati-hati, bahwa bakat tidak selalu identik disertai minat. Bakat yang tidak disertai minat, maupun minat yang tidak disertai bakat, akan menimbulkan gap. Bila orang tua tidak cukup cermat dengan hal ini, akan berdampak buruk bagi anak (Mini, 2003:16). Dalam menumbuhkan minat baca dan membuktikan bahwa suatu perpustakaan atau taman bacaan tidak hanya sekedar tempat membaca tetapi sudah berkembang sebagai tempat anak-anak mengembangkan kemampuan dan bakatnya, serta adanya kebutuhan akan suatu kesempatan yang mengakomodasi keinginan anak untuk menunjukkan kemampuan yang telah dilatih dan dikembangkan melalui perpustakaan atau taman bacaan Dalam konteks itulah diyakini bahwa minat mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik. Tidak banyak yang dapat berharap untuk menghasilkan prestasi belajar yang baik dari seorang anak yang tidak berminat untuk mempelajari sesuatu. Selanjutnya dari pengamatan penulis yang dilakukan di perpustakaan SMUN 1 Pati, dapat diketahui bahwa sarana dan prasarana yang tersedia di perpustakaan SMUN 1 Pati telah tersedia lengkap salah satunya adalah kelengkapan dari penyediaan buku-buku pelajaran. Namun dilihat dari minat baca dari siswa di SMUN 1 Pati masih kurang, sehingga penyediaan kelengkapan perpustakaan pun masih dirasakan kurang dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini dapat diketahui dari jumlah siswa yang pergi ke perpustakaan tidak lebih dari 20 orang/minggunya. Oleh karena itu SMUN 1 Pati haruslah berusaha menumbuhkan minat membaca dari siswa agar perpustakaan yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Atas dasar pemikiran tersebut maka penelitian ini mengangkat judul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Tehadap Peningkatan Minat Baca di SMUN 1 Pati”

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Minat baca, Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah, Pemanfaatan Pelayanan Perpustakaan,
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:3641
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2010 10:31
Last Modified:14 Jan 2010 10:31

Repository Staff Only: item control page