STUDI EPIDEMIOLOGI FAKTOR RISIKO KANKER PAYUDARA PADA REMAJA PUTRI (STUDI PADA REMAJA PUTRI DI SMA MARDISISWA KOTA SEMARANG)

KOLAWI, ANDARIAS PASKAWANTO (2011) STUDI EPIDEMIOLOGI FAKTOR RISIKO KANKER PAYUDARA PADA REMAJA PUTRI (STUDI PADA REMAJA PUTRI DI SMA MARDISISWA KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kanker payudara merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Di Kota Semarang kanker payudara menempati urutan pertama untuk jenis kanker pada wanita dan diantara penderita terdapat penderita yang masih tergolong remaja. Tujuan penelitian untuk menggambarkan faktor risiko kanker payudara pada remaja putri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populuasi penelitian adalah remaja putri di SMA Mardisiswa Semarang. 171 sampel penelitian diam bil dengan teknik simple random sampling dari kelas X, XI dan XII sesuai proporsi masing-masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan 98.8% responden tidak memenuhi rekomendasi frekuensi dan 93.5% tidak memenuhi rekomendasi porsi konsumsi buah dan sayur. Responden tidak memenuhi rekomendasi frekuensi dan durasi aktivitas seperti aktivitas fisik harian (81.3% dan 98.8%), olah raga (97.1% dan 88.9%), dan tidak biasa jalan kaki (54.4%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu dilakukan intervensi untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur serta aktivitas fisik sesuai rekomendasi pada remaja putri di SMA Mardisiswa Semarang untuk meminimalkan atau mencegah ancaman risiko penyakit kronik di masa mendatang, salah satunya kanker payudara Kata Kunci: kanker payudara, remaja putri, studi epidemiologi, Mardisiswa, Kota Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35072
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:24 Apr 2012 09:27
Last Modified:24 Apr 2012 09:27

Repository Staff Only: item control page