PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAWATAN MESIN PRODUKSI (Studi Kasus di Divisi Teknik/Maintenance PT. Indonesia Steel Tube Works, Ltd, Semarang)

SALIM, AMINUDDIN (2006) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAWATAN MESIN PRODUKSI (Studi Kasus di Divisi Teknik/Maintenance PT. Indonesia Steel Tube Works, Ltd, Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

ABSTRAK Perawatan mesin-mesin produksi pabrik di PT. ISTW Semarang dilakukan oleh Divisi Teknik/Maintenance. Divisi Teknik/Maintenance bertanggung jawab sebagai maintenance control and coordination kegiatan perawatan baik bersifat pencegahan maupun perbaikan untuk menjamin kelangsungan proses yang berkaitan dengan mutu dan lingkungan serta menjamin tindakan dan keputusan perawatan yang dijalankan pada saat itu adalah yang terbaik dan paling menguntungkan bagi perusahaan. Sistem pencatatan, penjadwalan dan penyimpanan data maintenance secara manual yaitu dicatat pada buku dan kertas dapat menimbulkan hal negatif, salah satunya ketidakefisienan waktu, tempat penyimpanan hasil pencatatan, kehilangan dokumen, sulit dalam pencarian data lampau dan pembuatan laporan menjadi sulit karena data yang diperlukan untuk membuatnya karena tidak tersusun dengan baik. Penanganan aliran informasi penjadwalan program pemeliharaan dan breakdown work order yang masih dilakukan secara manual, kesulitan dalam pencarian data-data yang dibutuhkan serta pengelolaan data-data yang dihimpun cukup memakan banyak waktu selain menangani perawatan mesin maka dibutuhkan sebuah sistem perawatan mesin produksi yang terbentuk dalam suatu sistem informasi berbasis komputer. Perancangan sistem informasi dilakukan sampai pada tahap pengembangan sistem berupa aplikasi program sistem informasi. Pengembangan sistem dimulai dengan merancang sistem informasi baru menggunakan IDEF0, perancangan proses/prosedur baru, desain database, desain interface dan ERD. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi program Maintenance Information System yang menyediakan fasilitas untuk mengelola informasi perawatan mesin produksi secara sederhana dan cepat, pelaporan mesin produksi yang breakdown, fungsi untuk menampilkan jadwal kegiatan pemeliharaan bulanan, memenuhi kebutuhan akan datadata maintenance dan breakdown dengan lebih detail, kemudahan akses, proteksi sistem, kemudahan dalam pembuatan laporan-laporan, dan kemudahan pencarian data.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : Divisi Teknik/Maintenance, Breakdown Work Order, Program Pemeliharaan, Sistem Informasi, Maintenance Information System
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34895
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:03 Apr 2012 10:43
Last Modified:03 Apr 2012 10:43

Repository Staff Only: item control page