EVALUASI DAN PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN REMBANG-BULU (BATAS JAWA TIMUR) {Design And Evaluation For Increasing Rembang-Bulu (East Java Limits) Road’s}

SETYAWAN, HERU BUDI and USMIATUN, NANING (2008) EVALUASI DAN PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN REMBANG-BULU (BATAS JAWA TIMUR) {Design And Evaluation For Increasing Rembang-Bulu (East Java Limits) Road’s}. Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3903Kb
[img]
Preview
PDF
38Kb
[img]
Preview
PDF
12Kb
[img]
Preview
PDF
55Kb
[img]
Preview
PDF
57Kb
[img]
Preview
PDF
1366Kb
[img]
Preview
PDF
48Kb
[img]
Preview
PDF
397Kb
[img]
Preview
PDF
661Kb
[img]
Preview
PDF
660Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

179Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

143Kb
[img]
Preview
PDF
27Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

Tugas Akhir ini berjudul “ Evaluasi dan Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Rembang – Bulu (Batas Jawa Timur) “, disusun oleh Heru Budi Setyawan (L2A0 03 073) dan Naning Usmiatun (L2A0 03 108). Seluruh analisa dan perhitungan teknis yang ada, didasarkan pada standar dari Bina Marga. Secara umum evaluasi dan perencanaan jalan ini memiliki maksud dan tujuan untuk menciptakan sebuah ruas jalan yang dapat memberikan pelayanan yang baik, dari segi geometri, kapasitas, maupun struktur perkerasannya. Ruas jalan ini merupakan jalan nasional dan sering diseut sebagai jalur Pantura (Jalur Pantai Utara). Jalan ini merupakan jalan utama untuk mendistribusikan barang dan jasa antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jalan ini menjadi lebih penting karena terdapat beberapa kawasan industri, pariwisata serta pemerintahan yang berada di sepanjang jalur ini. Dalam tugas akhir ini hanya mengambil sebagian dari jalan terseut yaitu sekitar 6,100 Km yang berada di kota Lasem (STA. 122+457 s/d 128+557). Untuk menuju maksud dan tujuan di atas maka jalan tersebut harus dievaluasi baik evaluasi terhadap jalan itu sendiri maupun daerah sekitar jalan yang dievaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa daerah sekitar jalan dapat terbagii menjadi 2 daerah yaitu dalam kota Lasem (daerah pasar dan pertokoan) dan daerah luar kota Lasem (daerah yang berbatasan langsung dengan pantai atau tambak). Sedangkan dari sisi jalan yang dievaluasi menghasilkan bahwa geometri jalan harus disesuaikan dengan kecepatan rencana jalan arteri primer dan perkerasan jalan juga memerlukan peraikan, karena kerusakan yang ada. Setelah dievaluasi yang hasilnya menunjukkan perlu adanya peraikan baik dari geometri maupun perkerasan maka dilakukan perencanaan. Hasil perencanaan yang dilakukan terhadap ruas jalan ini adalah, ruas jalan sepanjang 6,100 Km, 4 lajur 2 arah dengan median (lebar jalan 17,5), lebar bahu jalan 2 meter. Kecepatan rencana sebesar 40 - 80 Km/jam. Proyek ini direncanakan membutuhkan dana sebesar Rp. 66,600,756,000.00 (enam puluh enam milyar enam ratus juta tujuh ratus lima puluh enam ribu rupiah), yang dihitung berdasarkan harga satuan pada kondisi tahun 2007 dan telah termasuk PPN 10 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34084
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Feb 2012 15:20
Last Modified:29 Feb 2012 15:20

Repository Staff Only: item control page