USULAN KEBIJAKAN PERAWATAN DENGAN MINIMASI DOWNTIME PADA KOMPONEN PLAT KOPLING MENGGUNAKAN MODEL AGE REPLACEMENT (Studi Kasus di PO. Bogor Jaya)

Budi Setiawan, Danang (2005) USULAN KEBIJAKAN PERAWATAN DENGAN MINIMASI DOWNTIME PADA KOMPONEN PLAT KOPLING MENGGUNAKAN MODEL AGE REPLACEMENT (Studi Kasus di PO. Bogor Jaya). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Abstrak PO Bogor Jaya merupakan perusahaan jasa angkutan darat yang telah terjun dalam dalam bidang jasa angkutan (bus) lebih dari 10 tahun. Manajemen perawatan bagi PO Bogor Jaya memegang peranan yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan pengoperasian bus, dimana dengan kelancaran kegiatan pengoperasian akan berdampak pada bus yang selalu siap guna untuk melakukan operasi sehingga target keuntungan yang ingin diperoleh perusahaan dapat dicapai. Sistem perawatan di PO. Bogor Jaya secara garis besar dapat dibagi menjadi dua yaitu perawatan pencegahan dan perawatan perbaikan. Perawatan pencegahan yang dilakukan di PO. Bogor Jaya dibagi menjadi dua yaitu : perawatan harian yang meliputi pemeriksaan sebelum operasi dan perawatan setelah operasi dan perawatan berkala merupakan kegiatan penggantian pencegahan yang dilakukan oleh PO. Bogor Jaya yang ditujukan untuk komponen yang mempunyai intensitas kerusakan cukup tinggi dengan maksud untuk mencegah terjadinya kerusakan pada waktu yang tidak diinginkan. Berdasarkan data kerusakan pada PO Bogor Jaya, plat kopling (kampas kopling) merupakan komponen yang sering mengalami kerusakan. Plat kopling mempunyai peranan yang sangat kritis terhadap keselamatan pengoperasian bus dan kerusakannya dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lain. Downtime dan biaya perawatan dari komponen plat kopling cukup besar sehingga dapat mengurangi keuntungan perusahaan secara keseluruhan. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan ternyata diperoleh keuntungan baik dari segi penurunan downtime maupun penurunan biaya perawatan dari komponen plat kopling. Dari perhitungan tersebut maka kebijakan tentang Age Replacement perlu diterapkan oleh pihak perusahaan untuk menigkatkan keuntungan dan mengurangi downtime yang terjadi akibat perawatan komponen plat kopling yang dilakukan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : perawatan, downtime, biaya, Age Replacement
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33884
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:27 Feb 2012 08:44
Last Modified:27 Feb 2012 08:44

Repository Staff Only: item control page