PENENTUAN INTERVAL WAKTU OPTIMAL BAGI PELAKSANAAN PREVENTIVE REPLACEMENT KOMPONEN KRITIS MESIN SEAMER (Studi Kasus di PT. Jui Fa International Foods)

GUNAWAN WICAKSANA, ADI (2004) PENENTUAN INTERVAL WAKTU OPTIMAL BAGI PELAKSANAAN PREVENTIVE REPLACEMENT KOMPONEN KRITIS MESIN SEAMER (Studi Kasus di PT. Jui Fa International Foods). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK PT. Jui Fa International Foods merupakan perusahaan yang memproduksi ikan tuna dalam kaleng dan alumunium foil untuk keperluan ekspor. Karena proses produksinya yang kontinyu, maka diperlukan adanya kelancaran dalam kegiatan produksinya. Salah satu hal yang mendukung hal ini adalah kesiapan dari mesin-mesin produksi dalam melaksanakan tugasnya. Kesiapan mesin dalam melakukan tugasnya dipengaruhi oleh berbagai komponen yang ada di dalamnya yang diantaranya merupakan komponen kritis. Salah satu komponen kritis pada keymachine dalam hal ini Mesin Seamer adalah Roll. Downtime dan biaya perawatan Roll cukup besar, sehingga dapat mengurangi keuntungan perusahaan. Bila komponen tersebut mengalami kerusakan maka akan menimbulkan beberapa akibat, diantaranya: tenaga kerja yang menganggur, produksi tidak tepat waktu dan bisa juga menyebabkan kerusakan material serta bahan baku terkontaminasi. Oleh karena itu perencanaan kegiatan perawatan yang baik diperlukan untuk dapat memperlancar kegiatan produksi yang diharapkan bisa memberikan penghematan biaya bagi perusahaan. Berdasarkan referensi yang ada serta melihat kondisi di atas maka perlu dilakukan suatu kebijaksanaan pemeliharaan terencana (Preventive Maintenance) sebagai alternatif untuk meminimasi downtime mesin, biaya perawatan serta meningkatkan availability mesin. Salah satu hal yang terpenting dari kebijaksanaan tersebut adalah menentukan interval waktu penggantian pencegahan dan frekuensi pemeriksaan yang optimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : biaya, downtime, frekuensi pemeriksaan, penggantian pence
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33869
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:27 Feb 2012 08:02
Last Modified:27 Feb 2012 08:02

Repository Staff Only: item control page