STUDI IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN (BLACK SPOT dan BLACKSITE) PADA JALAN TOL JAGORAWI Identification Study of Blackspot and Blacksite On Jagorawi Freeway

DWIYOGO, PRIYO and PRABOWO, RADITYO HERU (2006) STUDI IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN (BLACK SPOT dan BLACKSITE) PADA JALAN TOL JAGORAWI Identification Study of Blackspot and Blacksite On Jagorawi Freeway. Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

555Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

885Kb
[img]
Preview
PDF
43Kb
[img]
Preview
PDF
177Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
81Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]
Preview
PDF
58Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1724Kb
[img]
Preview
PDF
23Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb

Abstract

Kecelakaan lalu lintas di jalan tol dapat disebabkan karena faktor pengemudi, kendaraan, dan lingkungan, atau kombinasi dari dua atau lebih dari penyebab faktor tersebut. Kecelakaan ini bisa saja terjadi di jalan tol atau jalan umum lainnya. Untuk mengetahui perbandingan tingkat kecelakaan pada jalan tol maka dibuatlah penelitian ini pada Jalan Tol Jagorawi. Dalam penelitian ini, data kecelakaan dikumpulkan dari PT Jasa Marga selama tahun pengamatan 2000 sampai dengan 2004. Dari data ini dicoba menganalisis penyebab kecelakaan, bentuk kecelakaan, korban kecelakaan yang terjadi akibat kecelakaan, juga menentukan lokasi rawan kecelakaan (Blackspot) dan penanganan lokasi rawan kecelakaan. Dari analisis data yang dibuat kecelakaan di Jalan Tol Jagorawi, didapati masing-masing enam titik rawan kecelakaan untuk kedua ruas jalan (Ruas A dan Ruas B) masing-masing pada Ruas A (km 9-10, km 11-12, km 40-41) dan Ruas B (km 5-6, km 6-7, km 20-21) yang perlu mendapat perhatian penanganan. Jumlah kecelakaan di jalan tol tersebut mengakibatkan sebagian besar korban menderita luka ringan. Diidentifikasi faktor penyebab kecelakaan tertinggi di jalan tol ialah faktor pengemudi (kurang antisipasi dan mengantuk) dan faktor kendaraan (ban pecah) . Disarankan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam kaitannya untuk menurunkan jumlah kecelakaan tersebut adalah dengan penambahan lajur untuk kedua ruas jalan, pembuatan rumble strip, pemasangan rambu peringatan hati–hati daerah rawan kecelakaan, pengujian lebih teliti mengikuti prosedur yang standar, khususnya bagi kenderaan-kenderaan yang tua dan mengadakan pemeriksaan muatan serta kondisi ban kendaraan yang melewati jalan tol supaya sesuai dengan ketentuan kenderaan yang aman berjalan di jalan tol. Hal ini dapat sebagai peringatan berkala kepada pengemudi untuk berjalan tetap hati-hati. Pemasangan alat-alat pengendali lalulintas lebih banyak lagi, khususnya pada titik-titik yang diidentifikasi rawan kecelakaan, guna memberikan peringatan kepada pengemudi, supaya mereka berjalan terus hatihati. Disamping itu perlu terus memasyarakatkan cara berlalulintas yang baik dan benar di jalan raya, melalui pendidikan lalulintas di sekolah-sekolah atau melalui masmedia cetak, spanduk dan elektronik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:33827
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:26 Feb 2012 08:56
Last Modified:26 Feb 2012 08:56

Repository Staff Only: item control page