PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR TUMOR DAN PERKEMBANGAN UKURAN MASSA TUMOR PADA ADENOKARSINOMA MAMMA MENCIT C3H

Halim, Lily Juniarti (2011) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR TUMOR DAN PERKEMBANGAN UKURAN MASSA TUMOR PADA ADENOKARSINOMA MAMMA MENCIT C3H. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul) - Published Version
563Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 1) - Published Version
77Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 2) - Published Version
185Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 3) - Published Version
49Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 4) - Published Version
100Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 5) - Published Version
15Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 6) - Published Version
132Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 7) - Published Version
3945b
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka) - Published Version
317Kb
[img]
Preview
PDF (Lampiran) - Published Version
297Kb

Official URL: http://mbiomedik.undip.ac.id/

Abstract

Latar belakang: Phaleria macrocarpa mengandung zat aktif polifenol yang menghambat faktor transkripsi nuclear factor κB (NF‐κB) melalui pembatasan pelepasan tumor necrosis factor (TNF) yang akan menghambat proliferasi dan menurunkan vascular endothelial growth factor (VEGF), sehingga menekan angiogenesis. Ekspresi VEGF dapat diukur untuk mengetahui dampak terhadap perkembangan massa tumor. Tujuan: Membuktikan pengaruh pemberian dosis bertingkat ekstrak Phaleria macrocarpa terhadap ekspresi VEGF dan perkembangan massa tumor pada adenokarsinoma mamma. Metode: Penelitian ini adalah penelitian eksperimental pada hewan coba dengan post test only control group design. Dua puluh mencit C3H yang telah ditanam tumor dibagi secara random menjadi 4 kelompok: kontrol, P1 diberi ekstrak Phaleria macrocarpa 0,035 mg / hari, P2 diberi 0,0715 mg / hari, P3 diberi 0,14 mg / hari. Peneliti mengukur diameter tumor sebelum dan setelah pemberian ekstrak. Setelah 3 minggu dilakukan pemeriksaan imunohistokimia untuk mengevaluasi ekspresi VEGF. Analisis statistik one way ANOVA dengan uji Bonferroni dilakukan untuk menganalisis ekspresi VEGF dan perkembangan massa tumor. Uji korelasi Pearson dilakukan untuk menganalisis korelasi antara ekspresi VEGF dan perkembangan massa tumor. Hasil: Terdapat penurunan ekspresi VEGF (p=0,014) yang bermakna antara P1 dan P2. Perkembangan massa tumor juga menunjukkan penurunan yang bermakna (p=0,004) antara P1 dan P2 dengan dosis ekstrak yang tepat adalah 0,0715 mg / hari. Terdapat korelasi bermakna (p<0.001) antara ekspresi VEGF dan perkembangan massa tumor, dengan korelasi positif kuat 0.983. Simpulan: Ekstrak Phaleria macrocarpa menurunkan ekspresi VEGF dan perkembangan massa tumor adenokarsinoma mamma mencit C3H. Kata kunci: Phaleria macrocarpa, VEGF, perkembangan massa tumor, adenokarsinoma mamma.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RD Surgery
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Biomedical Science
ID Code:33596
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Feb 2012 09:18
Last Modified:20 Feb 2012 09:18

Repository Staff Only: item control page