EVALUASI SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG)

NUR PERTIWI, TATUNG (2011) EVALUASI SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
157Kb

Abstract

Abstract Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pelayanan jasa kesehatan kepada semua golongan masyarakat di daerah Semarang dan sekitarnya. Akan tetapi, semakin banyaknya perusahaan kompetitor atau sejenis mengakibatkan meningkatnya persaingan yang terjadi. Selain itu juga tuntutan masyarakat terhadap mutu rumah sakit yang semakin meningkat ini mengharuskan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang untuk berfikir lebih jauh terhadap strategi bisnisnya Sejauh ini RSI Sultan Agung Semarang telah menerapkan metode Balanced Scorecard sebagai sarana untuk mengukur kinerja perusahaan. Dalam BSC RSI Sultan Agung Semarang yang telah disusun, diketahui bahwa key Performance Indicators untuk tiap tujuan strategik yang ingin dicapai oleh perusahaan, belum tepat perumusannya atau dengan kata lain KPI yang dipakai oleh RSI Sultan Agung Semarang tidak representatif atau tidak dapat melukiskan kinerja kinerja rumah sakit yang sesungguhnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan suatu analisis atau evaluasi mengenai pengukuran kinerja yang telah berjalan pada RS Islam Sultan Agung Semarang dengan cara merancang sistem pengkuran kinerja yang baru dengan metode Balanced Scorecard dengan KPI yang tepat yang dapat melukiskan kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Hasil perancangan sistem pengukuran kinerja yang baru didapatkan 25 Key Performance Indicator (KPI) yang sesuai dengan kinerja rumah sakit yang sesungguhnya yaitu 6 KPI untuk perspektif keuangan, 6 KPI untuk perspektif pelanggan, 5 KPI untuk perspektif proses bisnis internal dan 8 KPI untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja perusahaan menunjukkan bahwa total indeks pencapaian kinerja keseluruhan pada RSI Sultan Agung Semarang berada pada warna kuning atau dalam kategori sedang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Keywords - Evaluasi, Balanced Scorecard
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33325
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:09 Feb 2012 13:33
Last Modified:09 Feb 2012 13:33

Repository Staff Only: item control page