ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP PEMILIHAN MEREK LAPTOP MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO)

HIMMAH , FAIQOTUL and Wuryandari, Triastuti and Hoyyi, Abdul (2011) ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP PEMILIHAN MEREK LAPTOP MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
83Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]
Preview
PDF
68Kb
[img]
Preview
PDF
21Kb

Abstract

Salah satu kebutuhan yang dianggap sangat penting di era ini adalah kebutuhan akan informasi. Alat yang mendukung kebutuhan konsumen akan informasi, misalnya komputer yang menggunakan baterai atau yang lebih dikenal dengan laptop. Laptop merupakan produk yang sering digunakan oleh kalangan pelaku bisnis atau usaha dan pelaku akademik tidak terkecuali juga pada mahasiswa. Adapun pilihan merek laptop yang banyak beredar di Indonesia, yaitu merek Acer, Toshiba, Hp, Axioo, Dell, dan merek selain merek-merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran, yang terdiri dari tiga faktor variabel yaitu: produk, harga, dan promosi terhadap pemilihan merek laptop pada mahasiswa di Universitas Diponegoro. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan non probability sampling, yaitu teknik purposive sampling dan teknik accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik multinomial, sebuah analisis regresi untuk menyelesaikan masalah dimana variabel dependennya mempunyai kategori lebih dari 2 dengan beberapa variabel independen. Berdasarkan uji signifikansi untuk model secara keseluruhan dan uji wald untuk masing-masing koefisien parameter, diketahui ketiga variabel bauran pemasaran tersebut mempunyai hubungan dengan pemilihan merek laptop. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Acer terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga tinggi, dan promosi tinggi yaitu sebesar 77.461%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Toshiba terjadi pada kelompok dengan produk tinggi, harga tinggi dan promosi sedang yaitu sebesar 49.239%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Hp terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga sedang dan promosi sedang yaitu sebesar 46.074%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Axioo-Dell terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga sedang dan promosi sedang yaitu sebesar 14.764%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek lain terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga tinggi dan promosi sedang yaitu sebesar 22.134%. Kata kunci : pemilihan merek, produk, harga, promosi, regresi logistik multinomial

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:32718
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:31 Jan 2012 12:07
Last Modified:31 Jan 2012 12:07

Repository Staff Only: item control page