ANALISIS HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU, MOTIVASI MENGAJAR DAN KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS MENGAJAR

Setianingsih , Nurul Indah and Widiharih, Tatik and Mukid, Moch. Abdul (2011) ANALISIS HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU, MOTIVASI MENGAJAR DAN KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS MENGAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
38Kb
[img]
Preview
PDF
277Kb
[img]
Preview
PDF
51Kb

Abstract

Guru sebagai tenaga profesional berfungsi meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru mempengaruhi terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Produktivitas mengajar merupakan sikap mental yang selalu mencari perbaikan terhadap apa yang telah ada dalam konteks mengajar akan mempengaruhi kualitas akademik maupun moral peserta didik . Profesionalisme guru, motivasi mengajar dan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah masing-masing memiliki hubungan terhadap produktivitas mengajar. Untuk mengatahui antara variabel produktivitas dengan profesionalisme guru, motivasi mengajar dan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah digunakan metode Struktural Equation Model (SEM) berbasis komponen yaitu Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Dari penelitian di SMP Negeri 1, 2 dan 3 Gubug dengan melibatkan semua guru pengajar sebagai responden diperoleh hasil bahwa ada hubungan antara profesionalisme dengan produktivitas mengajar, ada hubungan antara motivasi dengan produktivitas mengajar, namun dalam penelitian ini tidak ada hubungan antara kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan motivasi mengajar. Kata kunci : Produktivitas , Profesionalisme, Motivasi, Kepemimpinan Partisipatif, SEM, GSCA.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:32706
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:31 Jan 2012 11:15
Last Modified:31 Jan 2012 11:15

Repository Staff Only: item control page