Nilai Penting Jenis-jenis Tumbuhan dan Potensinya Sebagai Penyedia Polen Untuk Pakan Lebah Madu (Apismellifera Staint) di Desa Hardjobinangun Toroh Purwodadi

Andoko , Dwi (2001) Nilai Penting Jenis-jenis Tumbuhan dan Potensinya Sebagai Penyedia Polen Untuk Pakan Lebah Madu (Apismellifera Staint) di Desa Hardjobinangun Toroh Purwodadi. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2204Kb
[img]
Preview
PDF
20Kb
[img]
Preview
PDF
348Kb
[img]
Preview
PDF
460Kb
[img]
Preview
PDF
409Kb
[img]
Preview
PDF
547Kb
[img]
Preview
PDF
316Kb
[img]
Preview
PDF
454Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

596Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

495Kb
[img]
Preview
PDF
335Kb
[img]
Preview
PDF
390Kb
[img]
Preview
PDF
828Kb

Abstract

DWI ANDOKO. J 2B0 96 076. Nilai Penting Jenis-jenis Tumbuhan dan Potensinya Sebagai penyedia Poten untuk Pakan Lebah Madu (Apis inellifera Staint) di Desa Harjobinangun Kecamatan Torok Purwodadi (Di bawah Bimbingan Hendarko Sugondo dan Sri Utami). Lebah madu (Apis mellifera Staint) merupakan serangga polinator • penghasil madu yang mempunyai prospek baik untuk dibudidayakan. Sampai saat ini produksi madu di Indonesia relatif rendah. Salah satu penyebabnya adalah kualitas dan kuantitas tanaman pakan lebah yang tidak mencukupi. Untuk memenuhi kebutuhan pakan tersebut peternak lebih memilih sistem berpindah¬pindah ("migratory beekeeping") karena waktu pembungaan dan penyebaran jenis-jenis tanaman penghasil nektar dan polen biasanya berbeda. Data mengenai jenis-jenis tumbuhan di lokasi penggembalaan diperlukan untuk menentukan lokasi dan waktu yang tepat untuk meletakkan stup. Niiai penting dan prosentase polen jenis tumbuhan yang dibawa oleh lebah madu ke sarang merupakan parameter potensi tumbuhan sebagai penyedia pakan. Penelitian dilakukan di lokasi apiari Desa Harjobinangun Kecamatan Toroh Purwodadi pada bulan Oktober 2000. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis vegetasi untuk memperoleh nilai penting dan analisis polen untuk mengetahui polen dari jenis tumbuhan yang dibawa oleh lebah madu ke sarang. Dari hasil penelitian diperoleh 30 jenis pohon yang mernpunyai nilai penting tertinggi adalah Musa paradislaca, 65 jenis semak yang mempunyai nilai penting tertinggi Zea mays dan 57 jenis rumput yang mernpunyai nilai penting tertinggi Polytrias amaztra. Polen yang banyak dibawa lebah madu ke sarang pada bulan Oktober antara lain polen Zea nays, Acacia auriczdiformis dan anggota Familia Solanaceae. Jenis yang berpotensi sebagai penyedia polen untuk pakan lebah madu di lokasi apiari Desa Harjobinangun Kecamatan Toroh Purwodadi pada bulan Oktober adalah Zea mays dan Acacia auriculiformis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30202
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 Oct 2011 07:29
Last Modified:24 Oct 2011 07:29

Repository Staff Only: item control page