Pengaruh chlorella sp dan Ragi roti pada konsentrasi yang berbeda terhadap kepadatan populasi Brachionus plicatillis O.F. Muller

Suharyani , Lina Hari (2001) Pengaruh chlorella sp dan Ragi roti pada konsentrasi yang berbeda terhadap kepadatan populasi Brachionus plicatillis O.F. Muller. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1767Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
341Kb
[img]
Preview
PDF
436Kb
[img]
Preview
PDF
378Kb
[img]
Preview
PDF
589Kb
[img]
Preview
PDF
315Kb
[img]
Preview
PDF
449Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

481Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

485Kb
[img]
Preview
PDF
327Kb
[img]
Preview
PDF
383Kb
[img]
Preview
PDF
563Kb

Abstract

LINA ART SUHARYANT. J2B096090. Pengaruh Chlorella sp dan Ragi Roti pada Konsentrasi yang Berbeda Terhadap Kepadatan Pope'Iasi Brachionus plicatilis O.F.Muller (di bawah bimbingan H. Hendarko Sugondo dan Jafron Wasiq H.). Brachionus plicatilis merupakan pakan alami bagi larva ikan air Taut. Dengan meluasnya budidaya ikan, maka kebutuhan B. plicatilis semakin meningkat. Pertumbuhan B. plicatilis dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas pakannya. Chlorella sp merupakan pakan alami bagi B. plicatilis. B. plicatilis akan tumbuh lebih balk dengan penambahan ragi roti. Tujuan dad penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi Chlorella sp dan kadar ragi roti terhadap kepadatan populasi Brachionus plicatilis pada puncak pertumbuhan populasi dan mengetahui interaksi antara keduanya, serta untuk mengetahui waktu kultur yang menghasilkan produksi masa paling tinggi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-Desember 2000 di Laboratoriurn Ekologi dan Biosistematik, Fakultas MIPA, UNDID. Disain percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial 2 faktor. Analisis yang digunakan yaitu analisis varian pada taraf signifikansi 5%. Apabila terdapat perbedaan nyata antar perlakuan maka dilakukan uji lanjut yaitu Uji Jarak Berganda Duncan. Parameter yang diamati meliputi kepadatan populasi B. plicatilis dan faktor fisika kimia yang berupa: salinitas, temperatur, DO, pH dan kandungan amoniak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi Chlorella sp 1,5 juta sel/m1 dan kadar ragi roti 10 ppm menyebabkan kepadatan populasi B. plicatilis paling tinggi pada puncak pertumbuhan populasi. Sebagian besar puncak pertumbuhan populasi B. plicatilis dicapai pada hari ke-7 dengan jumlah populasi tertinggi sebesar 142 incliml.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30191
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Oct 2011 12:03
Last Modified:23 Oct 2011 12:03

Repository Staff Only: item control page