Keanekaragaman dan persentase penutupan karang di daerah dekat pertambakan Pantai Pulau karimunjawa dan Pantai Pulau Menyawakan

Eriyanti , Novi (2000) Keanekaragaman dan persentase penutupan karang di daerah dekat pertambakan Pantai Pulau karimunjawa dan Pantai Pulau Menyawakan. Undergraduate thesis, FMIPA UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3562Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
352Kb
[img]
Preview
PDF
444Kb
[img]
Preview
PDF
496Kb
[img]
Preview
PDF
961Kb
[img]
Preview
PDF
431Kb
[img]
Preview
PDF
632Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

713Kb
[img]
Preview
PDF
343Kb
[img]
Preview
PDF
389Kb
[img]
Preview
PDF
1472Kb

Abstract

Novi Eriyanfi . J 201 95 1267. Keanekaragaman dan Persentase Penutupan Karang Di Daerah Dekat Pertambakan Pantai Pulau Karimunjawa dan Pantai Pulau Menyawakan ( di bawah bimbingan Nanik Heru. S dan Noverita Dian. T ) Dengan semakin meningkatnya populasi dan kebutuhan manusia dapat diperkirakan akan semakin besar sumber daya yang perlu digali dan dimanfaatkan. Dalam mengatasi keterbatasan sumber daya yang berasal dari daratan maka pengembangan wilayah pesisir mei-upakan salah satu alternatif yang memberikan prospek yang sangat baik. Pada kenyataannya, sering dalam kegiatan ekonomi tanpa disadari telah mengakibatkan tekanan bagi kehidupan terumbu karang, sehingga menimbulkan kerusakan, khususnya pada koloni karangnya. Salah satu sebab timbulnya kerusakan adalah adanya pembuatan tambak dan pembangunan lokasi pariWisata yang diperkirakan mengakibatkan keanekaragaman dan persentase penutupan karang sebagai salah satu sumber kekayaan laut mengalami penurunan. Fenomena ini salah satunya terjadi di Pulau Karimunjawa dan Pulau Menyawakan, Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman karang dan persentase penutupan karang pada perairan pantai dekat daerah pertambakan Pulau Karimunjawa dan Pulau Menyawakan pada kedalaman 1, 2, dan 3 meter. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - Mei 1999 dan bulan September - Oktober 1999. Metode yang digunakan dalam pegambilan data penelitian adalah metode Square dan untuk mengetahui keanekaragaman karang digunakan indeks keanekaragaman Shannon Wienner dan indeks perataan (Eveness), Sedangkan untuk mengetahui kondisi penutupan karang digunakan kategori (Sukarno, 1993), Data yang diperoleh dianalisa secara diskriptif. Hasil penelitian menunjulckan Indeks keanekaragaman karang di Pulau Karimunjawa berkisar antara (H' = 1,25 — 2,40) dan di Pulau Menyawakan berkisar antara (H' = 1,36 — 2,23) dengan kriteria keanekaragaman rendah. Persentase penutupan karang di Pulau Karimunjawa digolongkan dalam kategori rusak berat kecuali pada kedalaman 3 meter di lokasi pertama (I) yang digolongkan dalam kategori balk (63,8%). Sedangkan persentase penutupan karang di Pulau Menyawakan digolongkan dalam kategori baik. Kecuali pada kedalaman 1 meter di lokasi pertama (I) yang digolongkan dalam kategori rusak berat (8,35%).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:30067
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:19 Oct 2011 12:07
Last Modified:19 Oct 2011 12:07

Repository Staff Only: item control page