Pengaruh ekstrak daun dan berbagai stadium bunga Chysanthemum sp terhadap mortalitas, pertumbuhan dan perkembangan larva Heliothis armigera

Ishadi, Ariawan (1998) Pengaruh ekstrak daun dan berbagai stadium bunga Chysanthemum sp terhadap mortalitas, pertumbuhan dan perkembangan larva Heliothis armigera. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1764Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
358Kb
[img]
Preview
PDF
494Kb
[img]
Preview
PDF
494Kb
[img]
Preview
PDF
408Kb
[img]
Preview
PDF
481Kb
[img]
Preview
PDF
319Kb
[img]
Preview
PDF
583Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

510Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

468Kb
[img]
Preview
PDF
337Kb
[img]
Preview
PDF
399Kb
[img]
Preview
PDF
382Kb

Abstract

ARIAWAN 1STIADL J 201 93 0894. Nagar** Ekstrak Dann Dan Berbagai Stadium Bungs Chrysanthemum sp. Terhadap Mortalitas, Perttunbithan Dan PerkeMbangan Larva H Mathis armigera Him. (di bawah bimbingan Drs. H. Hendarko Sugondo, MS dan Drs. Mochamad Hadi, M Si). Konsep pengelolaan hama terpadu telah diyakini para ahli mampu menekan akibat sawing adanya. pestisida di dalam ekosistem pertanian Akan tetapi teknik¬telmik lama yang sudah dianggap ketinggalan zaman, boros, mahal, dan berbahaya tidak raja terhadap ekosistem bahkan terhadap manusia, masih mencalcan pilihan utama di kebanyakan tempat di dunia ini. Keadaan ini memaksa para. peneliti untuk mencari insektisida jenis lain sebagai sarana pengendali hama. alternatif Insektisida alternatif yang sedang dikembangkan dan diharapkan cukup efektif adalah insektisida yang berasal dari bahan alam, seperti dari turnbuh-tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang sudah dikenal sejak lulu sebagai bahan insektisida adalah Krisan (Chrysanthemum sp., Asteraceae). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh ekstrak daun dan berbagai stadium bunga. Chrysanthemum sp. terhadap mortalitas, pertumbuhan dan perkembangan larva Heliothis armigera. Percobaan dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perulangan perlakuan 15 kali. Data toksisitas yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Probit Sedangkan data mortalitas dan jumlah larva yang berhasil menjadi pupa normal dianalisis dengan Analisis of Varian (ANOVA), dilanjutlam dengan uji jarak berganda Duncan pada taraf uji 5 %. Adapun data distribusi larva yang hidup den yang coati pada tiap instar diolah dengan menggunakan rumus GI (Growth Index) dan RGI (Relative Growth Index), sehingga diperoleh nilai indeks pertumbuhan dan nilai pertumbuhan re latif larva uji. Toksisitas ekstrak etanol bunga kuncup Chrysanthemum sp. terhadap larva IL armigera adalah 2,671 persen (v/v) (LC-50 / 48 jam). Tingkat toksisitas ekstrak ini lebih toksik dibanding ekstrak etanol bunga mekar (LC-50 / 48 jam: 5,911 persen (v/v) dan ekstrak daun (LC-50 / 48 jam: 8,536 persen (v/v). Selanjutnya ekstrak bunga mekar lebih toksik dibanding ekstrak daunnya Perlakuan ekstrak etanol bunga kuncup Chrysanthemum sp berpengaruh secara nyata terhadap mortalitas, perhimbuhan dan perkembangan larva IL armigera. Sedangkan perlakuan ekstrak etanol bungs mekar dan daun Chrysanthemum sp tidak menimbuikan pengaruh secara nyata, walanpun pada keduanya ada kecenderungan meningicatkan mortalitas, menumalcan laju pertumbuhan dan perkembangan larval/ armigera. chat UNDIP-IR may, without changing the content, translate e subin ission to any medium or format for the purpose of preservation. The author(s) c right owner(s) also agree that UNDIP-IR may keep more than one copy of this subhission for purposes of security, back-up and preservation. ( http://eprints.undip.ac.id)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29851
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:13 Oct 2011 14:04
Last Modified:13 Oct 2011 14:04

Repository Staff Only: item control page