Rasio Otot-Tulang Ekstremitas Posterior Ayam (Gallus sp.) Setelah Pemberian Kunyit Putih (Curcuma zedoaria) dalam Air Minum

Yulianto, Aris (2003) Rasio Otot-Tulang Ekstremitas Posterior Ayam (Gallus sp.) Setelah Pemberian Kunyit Putih (Curcuma zedoaria) dalam Air Minum. Undergraduate thesis, FMIPA Undip.

[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
439Kb
[img]
Preview
PDF
337Kb
[img]
Preview
PDF
409Kb
[img]
Preview
PDF
644Kb
[img]
Preview
PDF
371Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

506Kb
[img]
Preview
PDF
323Kb
[img]PDF
364Kb
[img]
Preview
PDF
628Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1661Kb

Abstract

Aris Yulianto, J2B098067. Rasio Otot-Tulang Ekstremitas Posterior Ayam (Gallus sp.) Setelah Pemberian Kunyit Putih (Curcuma zedoaria) dalam Air Minum. ( Di bawah bimbingan Koen Praseno dan Tyas Rini S ). Kunyit putih merupakan salah satu tanaman obat famili Zingiberaceae yang kandungan utamanya adalah kurkuminoid dhn minyak atsiri. Kurkuminoid dapat merangsang dinding kantong empedu untuk mensekresikan getah empedu yang didigunakan untuk peningkatan digesti lemak. Lemak merupakan cadangan energi potensial untuk pertumbuhan jaringan termasuk jaringan otot dan tulang. Minyak atsiri memagsang pengeluaran asam lambung yang diperlukan untuk mengaktifkan pepsin . Peningkatan pepsin akan meningkatkan produk protein tubuh yang akan digunakan juga oleh jaringan otot dan tulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan potensi kunyit puith dalam memacu pertumbuhan otot, tulang dan rasio otot—tulang. Penelitian ini dilaksnakan pada bulan Maret sampai Juni di Labratorium Struktur dan fungsi Hewn dengan menggunakan hewan uji 17 ekor ayam broiler betina. Konsentrasi kunyit putih yang diberikan yaitu 0 ppm„ 500 ppm, 1000 ppm, 1500 ppm, 2000 ppm. Data dianalisis dengan anova mengunakan dasar rancangan acak lengkap ulangan tidak sama, untuk hasil yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf uji 5%. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa pemberian kunyit putih pada konsentrasi 2000 ppm mampu meningkatkan berat otot dan rasio otot-tulang, tetapi belum mampu meningkatkan berat tulang ekstremits posterior.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:29765
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:12 Oct 2011 05:54
Last Modified:12 Oct 2011 05:54

Repository Staff Only: item control page