Desain Materi Pelatihan Berdasarkan Karakteristik Inovasi Studi Kasus : Pelatihan Internet Marketing Usaha Kecil dan Menengah di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah

Fashanah H., Aulia (2010) Desain Materi Pelatihan Berdasarkan Karakteristik Inovasi Studi Kasus : Pelatihan Internet Marketing Usaha Kecil dan Menengah di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
82Kb

Abstract

ABSTRAK Difusi Inovasi memiliki empat elemen dasar yaitu : inovasi, communication channel, waktu, dan sistem sosial. Sosial sistem adalah tempat dimana inovasi disebarkan kepada seluruh anggota pada sosial sistem tersebut. Sosial sistem dalam penelitian ini adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sebagai agen perubahan. Inovasi dalam penelitian ini adalah internet marketing yang dikomunikasikan melalui pelatihan. Dalam pelatihan ini, tiap UKM membuat sebuah website yang memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk mereka, namun ternyata banyak dari UKM tidak meneruskan penggunaan website internet marketing tersebut. Penelitian ini adalah tentang evaluasi keputusan proses adopsi inovasi internet marketing di UKM setelah pelatihan berlangsung. Dari studi pendahuluan berupa pengamatan terhadap 62 website UKM peserta pelatihan, tampak bahwa hanya 6 website yang terbaharui. Kemudian, selanjutnya dalam penelitian ini dilakukan wawancara terhadap 35 orang perwakilan UKM peserta pelatihan dari Disperindag. Hasil ini akan digunakan sebagai dasar untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi pengadopsian inovasi internet marketing oleh UKM, karakteristik inovasi internet marketing yang sesuai dengan UKM, serta rekomendasi berupa disain materi pelatihan yang digunakan untuk mendukung adopsi inovasi internet marketing.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Difusi Inovasi, Internet Marketing, UKM
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:29518
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:29 Sep 2011 14:58
Last Modified:29 Sep 2011 14:58

Repository Staff Only: item control page