Perbedaan Kelelahan Kerja Sebelum dan Sesudah Pemberian Susu Kedelai pada Pekerja Batu Bata (Studi di Industri X Desa Sambongrejo Blora)

LATIFAH , MAULINA (2010) Perbedaan Kelelahan Kerja Sebelum dan Sesudah Pemberian Susu Kedelai pada Pekerja Batu Bata (Studi di Industri X Desa Sambongrejo Blora). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kelelahan (fatigue)merupakan suatu kondisi melemahnya tenaga untuk melakukan suatu kegiatan. Hasil wawancara pada 5 orang pekerja pengolahan batu bata Industri X Sambongrejo, Blora adalah 60% mengaku merasa lelah, 20% merasa lesu dan 20% sulit berkonsentrasi. Hasil bumi berupa kedelai merupakan produk unggulan daerah yang kaya zat gizi dan dapat diolah menjadi susu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kelelahan kerja sebelum dan sesudah pemberian susu kedelai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan dengan metode penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Time Series Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja pengolahan batu bata Industri X dengan jumlah total 13 orang dan sampel yang diambil sebanyak total populasi. Analisis data menggunakan analisis bivariat Paired T-testuntuk mengetahui perbedaan dua sampel berhubungan dengan taraf signifikan p < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan kelelahan kerja sebelum dan sesudah pemberian susu kedelai. Hasil uji statistik Paired T-test didapatkan nilai signifikan dengan p = 0,000 (p < 0,005). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan kelelahan kerja sebelum dan sesudah pemberian susu kedelai pada pekerja pengolahan batu bata Industri X Desa Sambongrejo Blora. Kata Kunci: kelelahan,pekerja batu bata

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28880
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Aug 2011 10:28
Last Modified:03 Aug 2011 10:28

Repository Staff Only: item control page