PERILAKU REMAJA PUTERI DALAM HIGIENE MENSTRUASI DI MTS TAQWIYATUL WATHON DESA SUMBEREJO KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

HIKMAH, HIKMAH (2011) PERILAKU REMAJA PUTERI DALAM HIGIENE MENSTRUASI DI MTS TAQWIYATUL WATHON DESA SUMBEREJO KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Menstruasi merupakan bagian penting dari perkembangan seorang wanita, menstruasi pertama sebagai salah satu tanda kematangan seksual pada wanita menunjukkan bahawa hormon-hormon sek mulai aktif dan berfungsi, pada saatmenstruasi pembuluh darah dalam rahim sangat mudah terkena penyakit infeksi, di antaranya adalah gatal-gatal di vagina( vaginitas non spesifik sekitar 30%, candidiasis sekitar 25%, leukoria sekitar 45%, seorang wanita di haruskan untuk memiliki pengetahuan dan praktek higiene menstruasi, termasuk remaja mts taqwiyatul wathon.Tujuan penelitian adalah mengetahui perilaku remaja puteri dalam higiene menstruai di MTs Taqwiyatul Wathon Desa Sumberejo kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Metode Penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif, adapun pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam dengan subyek penelitian. Subyek di pilih dengan cara purposive sejumlah 5 orang dengan kriteria inklusi remaja MTs Taqwiyatul wathon kelas VIII yang sudah mengalami menstruasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwea hampir semua subyek memiliki pengetahuan baik tentang menstruasi walaupun subyek tidak semuanya mengetahui penyebab menstruasi. hal ini di sebabkan subyek belum pernah menerima informasi yang benar mengenai penyebab menstruasi, pengetahuan subyek dalam mengelola menstruasinya, semua subyek mampu mengganti pembalut 2-3 kali ,mencuci pakaian yang terkena darah, mencuci pembalut yang telah di pakai sebelum di buang di tempat sampah di sarankan untuk meningkatkan pengetahuan tentang menstruasi dan higiene menstruasi ke dalam kurikulum bina diri di madrasah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28623
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jul 2011 09:56
Last Modified:15 Jul 2011 09:56

Repository Staff Only: item control page