ADAPTASI PSIKOLOGIS PADA IBU SETELAH PERSALINAN (POST PARTUM) DIRUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT KODYA SEMARANG (STUDI KUALITATIF TINJAUAN PSIKOLOGIS)

ASTUTI, R.r. SRI ENDANG PUJI (2000) ADAPTASI PSIKOLOGIS PADA IBU SETELAH PERSALINAN (POST PARTUM) DIRUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT KODYA SEMARANG (STUDI KUALITATIF TINJAUAN PSIKOLOGIS). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Adaptasi psikologi berkaitan dengan cabang ilmu psikologi perkembangan, psikologi eksperimen, psikologi kepribadian dan psikologi sosial. Adaptasi psikologi adalah penyesuaian jiwa sebagai interaksi manusia secara kontinyu dengan diri sendiri, orang lain dan dunia luar. Persalinan yang dialami seoran ibu adalah masa krisis yang membutuhkan penyesuaian. Perubahan dan permasalahan yang terhadi setelah persalinan memerlukan kamampuan ibu untuk adaptasi. Ketidakberdayaan, kelelahan fisik, peningkatan emosi dan krisis menuntun manusia harus belajar menghadapi masalah dengan efektif sebagai mekanisme adaptasi. Tujuan penad mengetahui adaptasi psikologis pada ibu setalah persalinandi Rumah Sakit kodya Semarang. Manfaat yang diinginkan adalah peningkatan bagi keluarga dan pemberi pelayananut memberikan pelayanan dengan memperhatikan aspek psikologis pada ibu post partu. Metode penelitian adalah kualitatif dengan wawancara mendalam dengan pedoman kuesioner, analisa data menggunakan content analisis. Hasil penelitian menunjukkan responden menyadari terjadinya perubahan psikologis setalah persalinan. Persiapan fisiologis dan psikologis sebelum persalinan sangat mendukung pengetahuan responden dalam prawatan setelah persalinan, merawat bayi, perubahan emosional responden. Pemberian palayanan menitikberatkan keselamatan pada saat proses persalinan. Keluarga mempunyai peranan besar dalam memberikan dukungan mental pada responden. Masalah psikologis responden ditunjukkan dengan rasa ketidak tahuan, bingung, cemas dan diam serta tidak mampu mengutarakan keluhan yang dirasakan setelah persalinan. Usia, sosial ekonomi tingkat pengetahuan dan para (parsalinan yang pernah terjadi) mempengaruhi kemampuan adaptasi psikologis ibu setelah persalinan. Kata Kunci: ADAPTASI PSIKOLOGIS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:28304
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Jun 2011 14:29
Last Modified:13 Jun 2011 14:29

Repository Staff Only: item control page