STUDI PELAKSANAAN LEGALISASI ASSET DAN PEMBERIAN AKSES REFORM KEPADA MASYARAKAT KABUPATEN TEGAL DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM LARASITA

Husnuddoni, Doni (2010) STUDI PELAKSANAAN LEGALISASI ASSET DAN PEMBERIAN AKSES REFORM KEPADA MASYARAKAT KABUPATEN TEGAL DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM LARASITA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Program D III Pertanahan) - Submitted Version
63Kb

Abstract

Selama ini telah menjadi opini umum di kalangan masyarakat Indonesia tentang rumitnya pengurusan sertipikat tanah, Sebagian besar mayarakat tidak mengerti akan manfaat tanah tersebut yang mana akan memberikan kesempatan luas bagi rakyat untuk memperbaiki sendiri kesejahteraan sosial-ekonominya akan tetapi mereka tidak bisa untuk mengolah assetnya. Oleh karena itu dengan adanya Larasita sudah banyak membentu dalam msalah pertanahan dan kerjasama Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberi peluang bagi masyarakat yang membutuhkan pemberian akses reform. Permasalahan yang dikaji dalam penulisan Tugas akhir ini adalah (1) Apa manfaat dan bagaimana tahap pelaksanaan legalisasi asset dan akses reform yang dilaksanakan di Kabupaten Tegal (2) Apa peran Larasita dalam pelaksanaan legalisasi asset dan pemberian akses reform kepada masyarakat Kabupaten Tegal(3) Apa hambatan dan kendala yang dihadapi oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal di dalam pelaksanaan legalisasi asset dan pemberian akses reform serta dalam menjalankan Larasita. Metode penelitian adalah wawancara dan observatif, deskriptif dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada pegawai Kantor pertanahan Kabupaten Tegal dan pegawai Bank Rakyat Indonesia yang merupakan penanggung jawab dan pelaksana dalam kegiatan legalisasi asset dan pemberian akses reform. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam pelaksanaan legalisasi asset dan pemberian akses reform ini menunjukan bahwa peran Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal bukan hanya mensertifikatkan tanah saja akan tetapi membantu masyarakat dalam masalah perekonomian dengan memanfaatkan Larasita. Legalisai asset dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal dengan menggunakan Larasita sedangkan akses reform diberikan oleh pihak Bank Rakyat Indonesia dengan jaminan sertifikat tanah. Pelaksanaan kegiatan Larasita di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal benar-benar memberikan peranan yang sangat berarti pada pelaksanaan legalisasi asset dan pemberian akses reform. Namun demikian masih terdapat kendala yang dihadapi di dalam melaksanakan kegiatan pendaftaran tanah melalui Larasita yang masih perlu ditemukan pemecahannya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Land
ID Code:28286
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:09 Jun 2011 10:32
Last Modified:09 Jun 2011 10:32

Repository Staff Only: item control page