Pengalaman Mahasiswa S1 Keperawatan dalam Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Wahyuningsih, Indah Sri (2011) Pengalaman Mahasiswa S1 Keperawatan dalam Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
114Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

152Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

119Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

130Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

198Kb
[img]HTML
Restricted to Registered users only

19Kb
[img]
Preview
HTML
206Kb
[img]
Preview
HTML
559Kb
[img]
Preview
HTML
835Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) tertuju pada jenjang perguruan tinggi, dengan adanya jenjang yang lebih tinggi diharapkan proses pemahaman akan menjadi lebih berkembang dan dewasa dari pada pendidikan sebelumnya. Penerapan metode student- centered learning dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) telah diterapkan diberbagai pendidikan non kesehatan dan kesehatan. Beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa PBL dalam diskusi membantu mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan, tetapi banyak mahasiswa yang merasa pembelajaran conventional lebih efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengalaman mahasiswa S1 Keperawatan dalam penerapan metode Problem Based Learning. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan 3 mahasiswa di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema dari penelitian ini adalah sistem pelaksanaan PBL yang terdiri atas pengetahuan mahasiswa, partisipasi kelompok PBL, pelaksanaan PBL, kelebihan dan kekurangan PBL. Faktor- faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PBL antara lain pengalaman mahasiswa dan faktor penghambat pelaksanaan PBL. Penerapan PBL diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa keperawatan terhadap kasus- kasus keperawatan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kreatif, mampu bekerja sama, berpikir ktitis dan memiliki ketrampilan komunikasi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan metode pembelajaran ISS dan PBL atau seven jump dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:27346
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 May 2011 11:07
Last Modified:05 May 2011 11:07

Repository Staff Only: item control page