PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK AIR MINUM AGUARIA (Studi Kasus Penelitian Pada Distributor PT. Jauwhannes Traco Semarang)

SUPURBO, AGUNG TEGUH (2009) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK AIR MINUM AGUARIA (Studi Kasus Penelitian Pada Distributor PT. Jauwhannes Traco Semarang). Undergraduate thesis, FISIP Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
15Kb

Abstract

Salah satu cara untuk mengetahui keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan adalah dengan melakukan analisis tanggapan konsumen. Hal tersebut perlu diteliti lebih lanjut berkenaan dengan keputusan pembelian dari konsumen dalam dalam pembelian produk. Harga dan kualitas telah dipersepsi baik oleh konsumen maka keputusan pembelian yang dilaklukan konsumen akan diwujudkan dalam bentuk pilihan merk, tempat pembelian, waktu, cara pembayaran dan intensitas pembelian. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan variabel harga, kualitas produk dan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik quota sampling yaitu dengan memberi jatah wilayah penelitian menjadi empat bagian sampel yang mewakili. Teknik pengumpulan data adalah dengan accidental sampling serta pengujian hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi harga pada tingkat kepercayaan 95% hasil pengujian menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh negatif antara harga terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai t = -2,456 yang lebih kecil dari t tabel (-1,984), dan kualitas produk dengan dengan hasil pengujian menunjukkan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai t = 14,110 yang lebih besar dari t tabel (1,984). Sedangkan pengujian regresi berganda harga dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan hasil pengujian dimana nilai F hitung sebesar 100,690 yang lebih besar dari F tabel (2,70). Nilai koefisien determinasi dari variabel harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian diperoleh sebesar 0,668 yang berarti bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian adalah 66,8%. Penelitian terlihat bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk air minum Aguaria. Dengan kualitas produk yang baik akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Disarankan bahwa perusahaan menetapkan strategi harga wajar seperti pemberian harga produk-produk tertentu. Saran adalah pemberlakukan diskon pada pembelian jumlah tertentu. Dalam rangka menjaring konsumen baru serta mempertahankan konsumen lama.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:2697
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Dec 2009 20:59
Last Modified:15 Dec 2009 20:59

Repository Staff Only: item control page