HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECUKUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN KADAR HEMOGLOBIN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU

Muhammad Toha, Muhammad Toha (2005) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECUKUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN KADAR HEMOGLOBIN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
38Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

140Kb

Abstract

Latar Belakang : Protein energi Malnutrition (PEM) sering terjadi pada penderita tuberkulosis paru yang antara lain ditandai dengan penurunan indeks massa tubuh dan rendahnya kadar hemoglobin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecukupan energi dan protein dengan indeks massa tubuh dan kadar hemoglobin penderita tuberkulosis paru. Metode: Penelitian ini termasuk jenis penelitian analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita tuberkulosis paru rawat jalan di RSUD Cilacap yang berjumlah 150 orang. Sedangkan sampel diambil secara purposive berjumlah 60 orang. Data yang didapat meliputi asupan energi dan protein dengan cara recall 24 jam, IMT dengan rumus berat badan(kg)/kuadrat tinggi badan (m)2. Hemoglobin diukur dengan metode sian-methemoglobin. Data dianalisis dengan uji Korelasi Product Moment (pearson) dan Rank Spearman dengan melihat normalitas data. Hasil : Dari 60 sampel, rerata tingkat kecukupan energi penderita tuberkulosis paru rawat jalan adalah 81,83 % + 23,36 dan rerata tingkat kecukupan protein 65,89 % + 13,11. Uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan tingkat kecukupan energi dengan kadar hemoglobin, dan tidak ada hubungan tingkat kecukupan protein dengan IMT. Uji statistik menunjukkan ada hubungan bermakna antara tingkat kecukupan energi dengan IMT, ada hubungan bermakna tingkat kecukupan protein dengan kadar hemoglobin. Simpulan : ada hubungan bermakna tingkat kecukupan energi dengan IMT, ada hubungan bermakna tingkat kecukupan protein dengan kadar hemoglobin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Tingkat kecukupan energi dan protein, Tuberkulosis paru
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26216
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Feb 2011 14:41
Last Modified:08 Feb 2011 14:41

Repository Staff Only: item control page