HUBUNGAN PENGETAHUAN, PERSEPSI ANCAMAN OSTEOPOROSIS DAN TINGKAT EKONOMI DENGAN PENGGUNAAN SUSU TINGGI KALSIUM Studi Kasus di RW I dan III Kelurahan Gisikdrono Kecamatan Semarang Bara

Yulia Dwi Handarunestri, Yulia Dwi Handarunestri (2006) HUBUNGAN PENGETAHUAN, PERSEPSI ANCAMAN OSTEOPOROSIS DAN TINGKAT EKONOMI DENGAN PENGGUNAAN SUSU TINGGI KALSIUM Studi Kasus di RW I dan III Kelurahan Gisikdrono Kecamatan Semarang Bara. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
74Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

192Kb

Abstract

Latar belakang : Satu dari tiga wanita mempunyai kecenderungan terkena osteoporosis. Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang memberikan dampak positif bagi kesehatan terutama untuk mencegah osteoporosis. Konsumsi susu rata-rata penduduk Indonesia mengalami penurunan dibandingkan angka konsumsi sebelum krisis ekonomi. Faktor penting lain yang mempengaruhi konsumsi susu yaitu pengetahuan dan persepsi ancaman, yang meliputi persepsi kerentanan, keseriusan, manfaat dan hambatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, persepsi ancaman osteoporosis dan tingkat ekonomi dengan penggunaan susu tinggi kalsium. Metoda : Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang semua variabelnya dikumpulkan dalam waktu yang sama. Sampel sejumlah 64 orang anggota PKK di RW I dan III Kelurahan Gisikdrono Kecamatan Semarang Barat diambil dengan menggunakan metode multistage sampling. Data diperoleh melalui metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program Statistical Package for the Social Science (SPSS). Untuk menguji hipotesis digunakan Kendall’s tau test dengan derajat kepercayaan 95 %. Hasil : Ada hubungan antara pengetahuan tentang osteoporosis dengan penggunaan susu tinggi kalsium (r = 0,395 ; p = 0,000), persepsi ancaman osteoporosis dengan penggunaan susu tinggi kalsium (r = 0,205 ; p = 0,031) dan tingkat ekonomi dengan penggunaan susu tinggi kalsium (r = 0,449 ; p = 0,000) Kesimpulan : Pengetahuan, persepsi ancaman osteoporosis dan tingkat ekonomi memiliki hubungan yang bermakna dengan penggunaan susu tinggi kalsium. Disarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan dan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang osteoporosis terutama mengenai sebab, akibat dan cara pencegahannya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pengetahuan, persepsi ancaman, tingkat ekonomi, susu tinggi kalsium
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26172
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Feb 2011 10:28
Last Modified:04 Feb 2011 10:28

Repository Staff Only: item control page