EVALUASI TATALAKSANA TERAPI DIET PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI RUANG RAW AT INAP BAD AN RSUD DR. M. ASHARI PEMALANG

Endang Sri Wahyuni, Endang Sri Wahyuni (2006) EVALUASI TATALAKSANA TERAPI DIET PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI RUANG RAW AT INAP BAD AN RSUD DR. M. ASHARI PEMALANG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
52Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
267Kb

Abstract

Latar Belakang : Kegiatan penyelenggaraan makanan adalah bagian dari kegiatan pelayanan gizi di rumah sakit. Mutu makanan dipengaruhi oleh berbagai faktor dari perencanaan menu sampai dengan penyajian makanan. Diet merupakan bagian yang penting pada pengelolaan Diabetes Mellitus. Berawal dari hal ini maka perlu diketahui bagaimana tatalaksana terapi diet pada penderita Diabetes Mellitus di ruang rawat inap Badan RSUD Dr. M Ashari Pemalang. Tujuan : Mendiskripsikan tatalaksana terapi diet pada penderita Diabetes Mellitus di ruang rawat inap Badan RSUD Dr. M. Ashari Pemalang. Metode : Desain penelitian adalah diskriptif, sampel diambil dengan metode Purposif sampling dengan kriteria umur lebih dari 18 tahun, terdiagnosis Diabetes Mellitus dengan atau tanpa komplikasi, terawat minimal tiga hari. Data yang dikumpulkan meliputi data tentang diet yang diminta oleh dokter, kebutuhan gizi pasien, makanan yang disajikan, asupan makan pasien dan penilaian pasien terhadap makanan yang disajikan rumah sakit. Data yang telah diperoleh diolah dengan program Food Prossesor 2 dan dianalisis secara diskriptif. Hasil : Perbandingan diet yang diminta dokter dengan kebutuhan gizi pasien 73,33% tidak sesuai. Perbandingan diet yang diminta dokter dengan makanan yang disajikan 80% tidak sesuai. Perbandingan makanan yang disajikan dengan kebutuhan gizi pasien sebesar 63,3% tidak sesuai. Asupan lemak dengan kategori baik 19 orang (63,4%) dan asupan protein dengan kategori buruk 17 orang (56,8%), Penilaian pasien terhadap makanan yang disajikan persentase yang lebih tinggi pada rasa makanan yang enak, besar porsi yang cukup, suhu yang sesuai, makanan matang, aroma sedap, warna dan penyajian menarik. Simpulan dan saran : Tatalaksana terapi diet Diabetes Mellitus di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang belum sesuai standar sehingga perlu adanya perbaikan baik dari penentuan kebutuhan gizi pasien maupun dari penyajiannya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Diet Diabetes Mellitus
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26160
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:04 Feb 2011 08:19
Last Modified:11 Nov 2014 09:12

Repository Staff Only: item control page