HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ANEMIA GIZI, BODY IMAGE, PERILAKU KONTROL BERAT BADAN DENGAN KEJADIAN KURANG GIZI PADA REMAJA PUTRI DI SMU NEGERI 1 SEMARANG

Paramita Eka Chandra Sari, Paramita Eka Chandra Sari (2007) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ANEMIA GIZI, BODY IMAGE, PERILAKU KONTROL BERAT BADAN DENGAN KEJADIAN KURANG GIZI PADA REMAJA PUTRI DI SMU NEGERI 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
24Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
143Kb

Abstract

Latar belakang : Remaja termasuk golongan rentan kurang gizi. Ketidakpuasan body image sering dijumpai di kalangan remaja putri. Pengetahuan gizi berpengaruh terhadap pengambilan sikap dan perilaku pemilihan makanan. Body Image dan perilaku kontrol berat badan mempengaruhi status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan anemia gizi, body image dan perilaku kontrol berat badan dengan kejadian kurang gizi pada remaja putri di SMU Negeri 1 Semarang. Metode : Penelitian ini bersifat observatif dengan pendekatan cross sectional, yang dilakukan pada bulan Mei 2007 di SMU Negeri 1 Semarang. Sampel penelitian ini berjumlah 35 anak, diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan meliputi usia, berat badan, tinggi badan, Indeks Massa Tubuh (IMT), kadar Hb, pengetahuan anemia gizi, body image dan perilaku kontrol berat badan responden. Analisis data dengan uji korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan body image dan perilaku kontrol berat badan dengan kejadian kurang gizi. Hasil : Tidak ada hubungan antara pengetahuan anemia gizi dengan IMT (r=0,154,p=0,377) maupun Kadar Hb (r=0,05,p=0,78), didapatkan hubungan yang bermakna antara body image dengan IMT (r=-0,189,p=0,028), tidak ada hubungan antara body image dengan kadar Hb (r=0,38, p=0,827), tidak ada hubungan antara perilaku kontrol berat badan dengan IMT (r=-0,254, p=0,141), dan tidak ada hubungan antara perilaku kontrol berat badan dengan kadar Hb (r=-0,194, p=0,265). Simpulan : Body image berhubungan dengan status gizi (IMT)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Remaja putri, IMT, kadar Hb, body image, perilaku kontrol berat badan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26147
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Feb 2011 15:22
Last Modified:11 Sep 2013 10:58

Repository Staff Only: item control page