FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN FOOD SUPPLEMENT PADA ATLET SEPEDA

Bebby Astrika Sekarsari , Bebby Astrika Sekarsari (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN FOOD SUPPLEMENT PADA ATLET SEPEDA. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

201Kb

Abstract

Latar Belakang : Sebagian besar atlet mengkonsumsi food supplement karena pengaruh dari iklan-iklan dan pendapt dari atlet lain serta pelatih tentang efek food supplement pada performa tubuh mereka. Banyak yang percaya bahwa food supplement akan meningkatkan performa mereka dan mempercepat masa penyembuhan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan food supplement Metode : Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi penelitian ini adalah semua atlet sepeda jawa tengah dan DIY . Jumlah sampel yang ada sebanyak 42 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner meliputi identitas sampel, umur, berat badan, pengetahuan gizi, motivasi berprestasi, persepsi, recall asupan zat gizi dan recall aktifitras fisik selama 3x24 jam. Analisis uji statistik yang digunakan Kolmogorov Smirnov, uji bivariat menggunakan uji Pearson Product Moment dan uji multivariat dengan menggunakan uji regresi linear ganda. Hasil : Terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan konsumsi food supplement. Terdapat hubungan antara persepsi dengan konsumsi food supplement. Terdapat hubungan antara aktifitras fisik dengan konsumsi food supplement. Tidak terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan konsumsi food supplement. Tidak terdapat hubungan antara asupan zat gizi dengan konsumsi food supplement. Simpulan : Faktor- faktor yang berhubungan dengan penggunaan food supplement adalah pengetahuan gizi, asupan energi, protein dan aktivitas fisik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Food supplement, pengetahuan gizi, motivasi berprestasi, persepsi, asupan zat gizi, aktivitas fisik
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26123
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2011 11:29
Last Modified:31 Jan 2011 11:29

Repository Staff Only: item control page