HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SERTA PENDAPATAN RUMAH TANGGA DENGAN KONSUMSI LEMAK DAN SERAT PADA REMAJA DI SMU N 1 REMBANG

Annies Dwi Henningrum , Annies Dwi Henningrum (2007) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SERTA PENDAPATAN RUMAH TANGGA DENGAN KONSUMSI LEMAK DAN SERAT PADA REMAJA DI SMU N 1 REMBANG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
57Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

184Kb

Abstract

Latar Belakang : Pada penelitian diketahui remaja cenderung mempunyai perilaku gizi yang salah, yaitu pola konsumsi makan dengan tinggi energi, lemak, gula dan natrium tetapi rendah serat kasar. Masalah gizi remaja disebabkan beberapa faktor diantaranya pengetahuan, pola konsumsi makan, sosial, budaya dan pendapatan rumah tangga. Penelitian bertujuan untuk ini menguji hubungan pengetahuan dan sikap gizi serta pendapatan rumah tangga dengan konsumsi lemak dan serat pada remaja. Metode : Penelitian ini adalah cross-sectional, jumlah sampel 89 remaja di SMU Negeri 1 Rembang dengan cara purposif. Pengetahuan dan sikap gizi serta pendapatan rumah tangga diperoleh menggunakan kuesioner, konsumsi lemak dan serat diperoleh menggunakan formulir food recall 3 x 24 jam. Analisis univariat digunakan untuk menguji kenormalan. Analisis bivariat digunakan untuk menguji hubungan konsumsi lemak dengan pengetahuan, sikap gizi serta pendapatan rumah tangga dan konsumsi serat dengan pengetahuan, sikap gizi serta pendapatan rumah tangga. Hasil : Nilai rerata untuk pengetahuan, sikap gizi dan pendapatan rumah tangga pada remaja secara berurutan adalah 72,68 ± 13,07 %; 79,44 ± 5,99 %; Rp. 398.124,03 ± Rp. 214.052,52. Nilai rerata untuk konsumsi lemak dan serat pada remaja adalah 20,63 ± 6,61 %; 10,65 ± 3,38 gr. Tidak ada hubungan pengetahuan dan sikap gizi dengan konsumsi lemak, namun terdapat hubungan konsumsi lemak dengan pendapatan rumah tangga. Ada hubungan pengetahuan dan sikap gizi dengan konsumsi serat, namun tidak terdapat hubungan konsumsi serat dengan pendapatan rumah tangga. Kesimpulan : Ada hubungan antara pendapatan rumah tangga dengan konsumsi lemak. Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap gizi dengan konsumsi serat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan dan sikap gizi, pendapatan rumah tangga, konsumsi lemak dan serat
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26120
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2011 11:01
Last Modified:31 Jan 2011 11:01

Repository Staff Only: item control page