HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN LABEL PRODUK MAKANAN KEMASAN DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMBELIAN MAKANAN KEMASAN DI KELURAHAN TEMBALANG SEMARANG

Arwanti, Arwanti (2007) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN LABEL PRODUK MAKANAN KEMASAN DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMBELIAN MAKANAN KEMASAN DI KELURAHAN TEMBALANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
50Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
50Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
202Kb

Abstract

Latar Belakang : Masyarakat Indonesia sebagian besar masih memiliki pengetahuan dan tingkat pendidikan yang rendah, sehingga kemampuan dan kesadaran sebagai konsumen masih sangat terbatas dan pada umumnya belum terbiasa membaca label. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan label produk makanan kemasan dengan pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam pembelian makanan kemasan. Metode : Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan jumlah sampel 88 orang yang dilakukan di Kelurahan Tembalang Semarang. Data tingkat pendidikan , pengetahuan label produk makanan kemasan dan pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam pembelian makanan kemasan diperoleh dengan cara mengisi kuesioner. Analisis univariat digunakan untuk menguji kenormalan dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Analisis bivariat uji Rank spearman digunakan untuk menguji hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan label produk makanan kemasan dengan pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam pembelian makanan kemasan. Hasil : Sebagian besar ibu rumah tangga mempunyai tingkat pendidikan SD (25 %), skor pengetahuannya cukup (37,5 %) dan skor pengambilan keputusannya kurang (51,1 %). Tingkat pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan dengan pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam pembelian makanan kemasan (p = 0,00; r = 0,894),). Pengetahuan label produk makanan kemasan mempunyai hubungan yang signifikan dengan pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam pembelian makanan kemasan (p = 0,00; r = 0,880). Kesimpulan : Pada penelitian ini tingkat pendidikan berhubungan dengan pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam pembelian makanan kemasan. Pengetahauan label produk makanan kemasan berhubungan dengan pengambilan keputuisan ibu rumah tangga dalam pembelian makanan kemasan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:label, tingkat pendidikan, pengetahuan dan pengambilan keputusan.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26113
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2011 09:20
Last Modified:19 May 2015 10:25

Repository Staff Only: item control page