HUBUNGAN SKOR MINI NUTRITIONAL ASSESSMENT (MNA) DENGAN ALBUMIN SERUM PASIEN USIA LANJUT DI BANGSAL GERIATRI RUMAH SAKIT DR KARIADI SEMARANG

Luthfi Agustina, Luthfi Agustina (2007) HUBUNGAN SKOR MINI NUTRITIONAL ASSESSMENT (MNA) DENGAN ALBUMIN SERUM PASIEN USIA LANJUT DI BANGSAL GERIATRI RUMAH SAKIT DR KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
119Kb

Abstract

Latar Belakang: Penilaian status gizi dengan Mini Nutritional Assessment (MNA) merupakan multiparameter screening sekaligus assessment terjadinya malnutrisi pada pasien usia lanjut. Kuesioner MNA terdiri atas 18 pertanyaan yang terbagi dalam empat komponen: penilaian antropometri, penilaian asupan makanan, penilaian secara umum mengenai gaya hidup dan penilaian secara subjektif. Skor MNA bersifat reliabel dan dapat diandalkan untuk mendeteksi risiko terjadinya malnutrisi menggunanakan serum albumin pada pasien usia lanjut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan skor MNA dengan albumin serum pasien usia lanjut. Metode: Merupakan Explanatory Research dengan pendekatan Cross-Sectional.Terdapat 26 sampel penelitian dipilih berdasarkan kriteria kelompok usia lanjut (elderly) > 60 tahun, tidak bed ridden, tersedia data laboratorium nilai albumin serum. Skor MNA diperoleh dari hasil wawancara. Analisis uji statistik yang digunakan adalah Pearson product moment dan untuk mengetahui prediksi skor MNA dengan nilai albumin serum digunakan Simple Linier Regression. Hasil: Berdasarkan skor MNA diketahui risiko malnutrisi (MNA skor 17-23,5) 84,6% dan sebesar 46,2% mengalami malnutrisi berat jika dilihat dari albumin <2,8 mg/dl. Terdapat hubungan yang bermakna antara skor MNA dengan nilai albumin serum (p=0,036, r=0,413). Simpulan: Skor MNA dapat menggambarkan kadar albumin serum, penambahan satu skor MNA dapat meningkatkan 0,08 mg/dl albumin serum.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Lansia, MNA, Albumin
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26103
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2011 09:04
Last Modified:24 Feb 2016 14:11

Repository Staff Only: item control page