HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ASAM LEMAK JENUH DAN UKURAN LINGKAR PINGGANG DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD KOTA TASIKMALAYA

Erna Savitri, Erna Savitri (2007) HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ASAM LEMAK JENUH DAN UKURAN LINGKAR PINGGANG DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD KOTA TASIKMALAYA. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

154Kb

Abstract

Latar Belakang: Asupan asam lemak jenuh dan obesitas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dalam perkembangan dan perawatan hipertensi. Asupan asam lemak jenuh adalah salah satu faktor yang berhubungan dengan tekanan darah. Faktor lain yang berhubungan dengan tekanan darah adalah kegemukan. Pengukuran ukuran lingkar pinggang merupakan indikator yang paling tepat untuk mengidentifikasi obesitas abdominal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara asupan asam lemak jenuh dan ukuran lingkar pinggang dengan tekanan darah pada pasien hipertensi. Metode: Desain penelitian ini adalah Cross Sectional dengan jumlah sample 45 pasien yang baru terdiagnosa hipertensi di RSUD Kota Tasikmalaya selama bulan Oktober-November 2006. Data asupan asam lemak jenuh diperoleh dengan menggunakan FFQ Semi Kuantitatif, data ukuran lingkar pinggang dengan pengukuran menggunakan pita metline 0,1 cm dan data tekanan darah diperoleh dari catatatn rekam medik. Analisis yang digunakan adalah Pearson Product Momment dan Rank Spearman. Hasil: Ukuran lingkar pinggang yang besar berhubungan positif secara bermakna dengan tekanan darah (r=0,432 untuk sistolik dan r=0,365 untuk diastolik ; p<0,05). Pada penelitian ini tidak terdapat hubungan antara asupan asam lemak jenuh dengan tekanan darah (r=0,257 untuk sistolik dan r=0,132 untuk diastolik; p>0,05) Kesimpulan: Ukuran lingkar pinggang merupakan indikator yang dapat digunakan untuk deteksi dini terjadinya pada pasien hipertensi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Asupan asam lemak jenuh, ukuran lingkar pinggang, tekanan darah, hipertensi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:26100
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2011 08:34
Last Modified:29 Jan 2011 08:34

Repository Staff Only: item control page